Kamis, 15 Maret 2012

Kaum Muslimin


Sumber: Al-Quran & terjemahannya Mushaf Quantum Tauhid, MQS Publishing; Al-Quran Digital ver 3.0, Sony Sugema

Dan Ibrahim telah mewasiatkan ucapan itu kepada anak-anaknya, demikian pula Yakub. (Ibrahim berkata): "Hai anak-anakku! Sesungguhnya Allah telah memilih agama ini bagimu, maka janganlah kamu mati kecuali dalam memeluk agama Islam
".

Katakanlah (hai orang-orang mukmin): "Kami beriman kepada Allah & apa yang diturunkan kepada kami, & apa yang diturunkan kepada Ibrahim, Ismail, Ishak, Yakub & anak cucunya, & apa yang diberikan kepada Musa & Isa serta apa yang diberikan kepada nabi-nabi dari Tuhannya. Kami tidak membeda-bedakan seorang pun di antara mereka & kami hanya tunduk patuh kepada-Nya".(Al Baqarah 2:132,136)

Ya Tuhan kami, kami telah beriman kepada apa yang telah Engkau turunkan & telah kami ikuti rasul, karena itu masukkanlah kami ke dalam golongan orang-orang yang menjadi saksi (tentang keesaan Allah)".

Katakanlah: "Hai Ahli Kitab, marilah (berpegang) kepada suatu kalimat (ketetapan) yang tidak ada perselisihan antara kami & kamu, bahwa tidak kita sembah kecuali Allah & tidak kita persekutukan Dia dengan sesuatu pun & tidak (pula) sebagian kita menjadikan sebagian yang lain sebagai tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah kepada mereka: "Saksikanlah, bahwa kami adalah orang-orang yang berserah diri (kepada Allah)".

Katakanlah: "Kami beriman kepada Allah & kepada apa yang diturunkan kepada kami & yang diturunkan kepada Ibrahim, Ismail, Ishak, Yakub, & anak-anaknya, & apa yang diberikan kepada Musa, `Isa & para nabi dari Tuhan mereka. Kami tidak membeda-bedakan seorang pun di antara mereka & hanya kepada-Nya-lah kami menyerahkan diri."

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; & janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam.” (Ali Imran 3:53,64,84,102)

Hai orang-orang yang beriman, ingatlah kamu akan nikmat Allah (yang diberikan-Nya) kepadamu, di waktu suatu kaum bermaksud hendak menggerakkan tangannya kepadamu (untuk berbuat jahat), maka Allah menahan tangan mereka dari kamu. Dan bertakwalah kepada Allah, & hanya kepada Allah sajalah orang-orang mukmin itu harus bertawakal.

Hai orang-orang yang beriman, ingatlah kamu akan nikmat Allah (yang diberikan-Nya) kepadamu, di waktu suatu kaum bermaksud hendak menggerakkan tangannya kepadamu (untuk berbuat jahat), maka Allah menahan tangan mereka dari kamu. Dan bertakwalah kepada Allah, & hanya kepada Allah sajalah orang-orang mukmin itu harus bertawakal.(Al Maa’idah 5:11)

tiada sekutu bagi-Nya; & demikian itulah yang diperintahkan kepadaku & aku adalah orang yang pertama-tama menyerahkan diri (kepada Allah)".(Al An’aam 6:163)

Jika kamu berpaling (dari peringatanku), aku tidak meminta upah Sedikit pun dari padamu. Upahku tidak lain hanyalah dari Allah belaka, & aku disuruh supaya aku termasuk golongan orang-orang yang berserah diri (kepada-Nya)".(Yunus 10:72)

(Dan ingatlah) akan hari (ketika) Kami, bangkitkan pada tiap-tiap umat seorang saksi atas mereka dari mereka sendiri, & Kami datangkan kamu (Muhammad) menjadi saksi atas seluruh umat manusia. Dan Kami turunkan kepadamu Al Kitab (Al Qur'an) untuk menjelaskan segala sesuatu & petunjuk serta rahmat & kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri.

Katakanlah: "Ruhul Qudus (Jibril) menurunkan Al Qur'an itu dari Tuhanmu dengan benar, untuk meneguhkan (hati) orang-orang yang telah beriman, & menjadi petunjuk serta kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri (kepada Allah)". (An Nahl 16:89,102)

Katakanlah: "Sesungguhnya yang diwahyukan kepadaku adalah: "Bahwasanya Tuhanmu adalah Tuhan Yang Esa, maka hendaklah kamu berserah diri (kepada-Nya)".(Al Anbiyaa 21:108)
Dan berjihadlah kamu pada jalan Allah dengan jihad yang sebenar-benarnya. Dia telah memilih kamu & Dia sekali-kali tidak menjadikan untuk kamu dalam agama suatu kesempitan. (Ikutilah) agama orang tuamu Ibrahim. Dia (Allah) telah menamai kamu sekalian orang-orang muslim dari dahulu, & (begitu pula) dalam (Al Qur'an) ini, supaya Rasul itu menjadi saksi atas dirimu & supaya kamu semua menjadi saksi atas segenap manusia, maka dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat & berpeganglah kamu pada tali Allah. Dia adalah Pelindungmu, maka Dialah sebaik-baik Pelindung & sebaik-baik Penolong.(Al Hajj 22:78)

Sesungguhnya (agama tauhid) ini, adalah agama kamu semua, agama yang satu & Aku adalah Tuhanmu, maka bertakwalah kepada-Ku.(Al Anbiyaa 23:52)
Dan kamu sekali-kali tidak dapat memimpin (memalingkan) orang-orang buta dari kesesatan mereka. Kamu tidak dapat menjadikan (seorang pun) mendengar, kecuali orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat Kami, lalu mereka berserah diri.

Aku hanya diperintahkan untuk menyembah Tuhan negeri ini (Mekah) Yang telah menjadikannya suci & kepunyaan-Nya-lah segala sesuatu, & aku diperintahkan supaya aku termasuk orang-orang yang berserah diri.(An Naml 27:81,91)

Dan janganlah kamu berdebat dengan Ahli Kitab, melainkan dengan cara yang paling baik, kecuali dengan orang-orang dzalim di antara mereka, & katakanlah: "Kami telah beriman kepada (kitab-kitab) yang diturunkan kepada kami & yang diturunkan kepadamu; Tuhan kami & Tuhanmu adalah satu; & kami hanya kepada-Nya berserah diri".(Al ‘Ankabuut 29:46)

Dan kamu sekali-kali tidak akan dapat memberi petunjuk kepada orang-orang yang buta (mata hatinya) dari kesesatannya. Dan kamu tidak dapat memperdengarkan (petunjuk Tuhan) melainkan kepada orang-orang yang beriman dengan ayat-ayat Kami, mereka itulah orang-orang yang berserah diri (kepada Kami).(Ar Ruum 30:53)
Sesungguhnya laki-laki & perempuan yang muslim, laki-laki & perempuan yang mukmin, laki-laki & perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki & perempuan yang benar, laki-laki & perempuan yang sabar, laki-laki & perempuan yang khusyuk, laki-laki & perempuan yang bersedekah, laki-laki & perempuan yang berpuasa, laki-laki & perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki & perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan & pahala yang besar.(Al Ahzab 33:35)

Dan aku diperintahkan supaya menjadi orang yang pertama-tama berserah diri".(Az Zumar 39:12)
Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang shaleh & berkata: "Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri?"(Fushshilat 41:33)

(Yaitu) orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat Kami & adalah mereka dahulu orang-orang yang berserah diri.(Az Zukruf 43:69)
Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, & melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila dia telah dewasa & umurnya sampai empat puluh tahun ia berdoa: "Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku & kepada ibu bapakku & supaya aku dapat berbuat amal yang shaleh yang Engkau ridai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau & sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri".(Al Ahqaaf 46:15)

Muhammad itu adalah utusan Allah & orang-orang yang bersama dengan dia adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka, kamu lihat mereka rukuk & sujud mencari karunia Allah & keridaan-Nya, tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka dari bekas sujud. Demikianlah sifat-sifat mereka dalam Taurat & sifat-sifat mereka dalam Injil, yaitu seperti tanaman yang mengeluarkan tunasnya maka tunas itu menjadikan tanaman itu kuat lalu menjadi besarlah dia & tegak lurus di atas pokoknya; tanaman itu menyenangkan hati penanam-penanamnya karena Allah hendak menjengkelkan hati orang-orang kafir (dengan kekuatan orang-orang mukmin). Allah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman & mengerjakan amal yang shaleh di antara mereka ampunan & pahala yang besar.(Al Fath 48:29)

0 komentar:

Posting Komentar

hanya komentar yang baik, menyejukkan, mencerdaskan, menginspirasi