Minggu, 12 Januari 2014

DEBAT Mualaf & Pendeta #3/3



[kredit: Abdurrahman]
Senin pukul 22:41...
O: Sampai detik ini SMS saya tidak dibalas oleh pendeta, mungkin pak pendeta ketiduran atau lagi masuk ke stasi untuk membaca kitab Bibelnya,..
A: Saya malam nanti akan datang &  mengikuti dialog, saya minta maaf karena ada kesibukan mendadak jadi tidak sempat pamit kemaren malam, bukan saya menghindar apalagi meninggalkan tanggung jawab, shallom.
O: Assalamu”alaikum wr wb, Borneo Jenggot, security di wall ini tolong ya..biar lancar.
A: Apakah kita mulai Aninda Chairunnisa?
O: Nanti dulu bapak..saya mau sholat dulu..maaf
A: Okay.
Transisi ==>
A: Silahkan moderator kalau mau membuka dialog ini, saya memanggil Ch Olivia Wijaya untuk hadir dalam dialog ini.

Bapa minta maaf karena kemaren malam karena adanya keperluan mendadak terpaksa meninggalkan dialog,bapa tdk lari dari tanggung jawab ataupun mau berkelit tapi karena keperluan mendadak, terima kasih
O: Baik pak maaf saya terlambat, saya tidak mempermasalahkan kejadian kemarin, silahkan moderator membuka acara ini…

Assalamu’alaikum wr wb…Alhamdulillahi robbil alamain washolatu wassalam ala sayidina Muhammadin wala alihi washohbihi wasallam..

Silahkan bapak memulai....
A: Anda mengatakan kemaren malam kami umat Kristen  tidak mengindahkan perintah Yesus, anda salah non, lihatlah Yohanes 15:14-15, kami umat Kristen  bukanlah seorang hamba, tapi kami umat Kristen  telah BERSAHABAT dengan Tuhan Yesus kristus Tuhan kami.
O: Bapak...itu pernyataan Bibel, betul ya pak…
A: Betul sekali.
O: Tolong kepada Moderator dengan segala hormat, saya minta tuliskan di wall ini Yohanes 15:14-15, apakah benar Kristen  mengikuti perintah Yesus.
Yohanes 15:14 = Kamu adalah sahabat-Ku, jikalau kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu. 15:15 Aku tidak menyebut kamu lagi hamba, sebab hamba tidak tahu, apa yang diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku.
A: Saat kami sakit &  menderita dalam apa saja, Yesus pasti datang membantu kami, lihatlah Matius 26:50.
O: Bapak, meski saya bukan pendeta, uskup, pastor atau biarawati, saya tahu Matius 26:50 itu, yang bapak jadikan dasar itu menceritakan tentang saat-saat penangkapan Yesus, untuk supaya saya tidak dianggap fitnah, bapak tolong tuliskan di wall inin 
Matius 26:50,,

Matius 26:50 Tetapi Yesus berkata kepadanya: “Hai teman, untuk itukah engkau datang?”Maka majulah mereka memegang Yesus &  menangkap-Nya.
Bapak Oikumene Anthony Domingus..?
A: Okay, pertanyaan inti ke 2; Islam mengklaim bahwa Yesus atau Isa adalah manusia biasa, bukan tuhan, sedang dalam Quran itu sendiri baca di QS.2:45, Allah Islam sudah menyebut bahwa Isa diciptakan dari KALIMATULLAH, ATAU FIRMAN, DIA TERKEMUKA DI DUNIA & AKHIRAT, itu menjelaskan bahwa Yesus itu Tuhan, &  ini berkaitan dengan Yohanes 1:1.
O: Bapak, tolong tuliskan tuliskan arti dari QS; 2:45:

Dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan) shalat. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk,
A: Karena saya bukan Islam, kepada moderator tolong tuliskan.
O: Baik pak.. Sementara moderator menulis di wall ini kita lanjutkan.

Ketika saya mengatakan kepada bapak untuk membuatkan saya kue DONAT... Apakah saya DONAT..atau donat itu buatan bapak &  saya yang meminta ?

A: Bukan !!! Donat ya donat, anda ya anda.
O: Apakah bapak Donat itu..??
A: Anda telah mengalihkan makna kalimatullah.
O: Bapak yang tidak jujur, memahami makna kalimatulloh, ketika bapak berkhutbah di depan jemaat bapak...Apakah bapak sedang berkalimat, (kalimat Oikumene Anthony Domingus) yang sedang berbicara, berkata-kata, &  sedang berfirman betulkan pak..??
A: Betul.


O: Kira-kira QS tentang kalimatulloh itu sama tidak dengan pengertian ”kun” jadilah, tetapi dalam proses biologi, bukankah Yesus tidak langsung ada, tetapi melewati proses alami, dikandung dilahirkan..
A: Betul, saya setuju proses biologi.

Jadikanlah sabar &  shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yangdemikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu, (Qs. 2:45)
O: Afiq Ali Imran mas.. yang dimulai dengan izd qolatit malaikatu innalloha…&  seterusnya.
Baik bapak… Apakah bapak setuju bahwa kalimatullah adalah sebuah firman yang diucapkan sinonim dengan kata KUN FAYAKUN dalam Yasin ..
A: Saya setuju, karena proses biologi adalah proses alami &  disitu ke kuasa Bapa atau Yesus itu sendiri terlihat !! &  itu sangat riil dengan Al-Kitab dalam proses penciptaan alam ini.


O: Maaf tadi saya salah tulis harusnya QS 3:45, saya mohon maaf sekali..
Apakah bisa kita lanjutkan ke terkemuka di dunia pak..
A: Teruskan
Celoteh Musafir: 
Qs 3:45…Wahai Maryam! Sesungguhnya Allah menyampaikan kabar gembira kepadamu tentang sebuah kalimat dari-Nya (yaitu seorang putra) namanya Al Masih Isa putra Maryam. seorang terkemuka di dunia &  di akhirat &  termasuk orang-orang yang di dekatkan (kepada Allah)
O: Menurut bapak karena kalimat TERKEMUKA DI DUNIA & AKHIRAT MAKA YESUS ADALAH TUHAN bapak silahkan buka Yohanes 5:43-44..
A: Aku datang dalam nama Bapa-ku, &  kamu tidak menerima aku, jikalau orang lain yang datang atas namanya sendiri kamu menerima..&  seterusnya.
O: Terima kasih pak... Meski tidak lengkap bapak tulis tetapi sudah sangat membantu, mungkin nanti akhy saya moderator dapat menampilkan Yohanes 5:43-44..

Yohanes 5:43 = Aku datang dalam nama Bapa-Ku &  kamu tidak menerima Aku; jikalau orang lain datang atas namanya sendiri, kamu akan menerima dia. 5:44 Bagaimanakah kamu dapat percaya, kamu yang menerima hormat seorangdari yang lain &  yang tidak mencari hormat yang datang dari Allah yang Esa?
O: Yesus lahir, Yesus datang…kalau Yesus tidak datang berarti tidak ada Tuhan bagi Kristen, begitu juga kalau tidak datang maka ia tidak terkemuka di dunia &  akhirat, apakah begitu kira-kira kronologis baliknya bapak..

A: Iya benar sekali, &  mustahil Yesus tidak datang, karena kalau Yesus tidak datang maka MANUSIA, AKAN SELALU DALAM LUMPUR DOSA & DIPERBUDAK DOSA.
O: Dalam bibel Yohanes 5:43-44 itu Yesus datang atas nama BAPA, artinya mengajarkan semua ajaran Torat, &  kebenaran..hehehe saya cuma nanya ke bapak, siapa yang membuat Yesus terkenal di dunia &  akhirat pak,,,


A: Jelas Kristen  nak, pertanyaan anda ini betul-betul briliant sekali.
O: Terima kasih bapak..kalau bapak mengatakan Kristenlah yang membuat Yesus terkenal di dunia &  akhirat, itu betul sekali bapak, KARENA KRISTEN-LAH YANG TELAH MEMBUAT GEMPAR PENGHUNI LANGIT & BUMI DGN MENUHANKAN YESUS, berarti Yohanes 5:43-44 terbukti &  terpenuhi &  yang menjadi PEMBANGKANG & MENERIMA ORANG DENGAN MEMBAWA NAMA SENDIRI (PAULUS & AJARANNYA) dialah yang datang tidak dengan nama BAPA…


A: Anda jelas salah menilai seperti itu, Kristen  mengikuti Yesus. Pasti &  tak terbantahkan lagi, anda telah memandang picik dalam penafsiran itu.
O: SILAHKAN BAPAK BUKA YOHANES 17:3 TOLONG AJARI KAMI TAFSIRAN THEOLOGINYA BAPAK…
A: Saya jawab belakangan.


O: Baik pak, tolong jelaskan 1 Petrus 5:4, apa makna itu pak, please sir help us.
A: Okay okay, dari semua dialog kita beberapa malam ini hingga sekarang, saya mengakui Muhammad itu nabi untuk Islam tetapi bukan untuk Kristen .
O: Alhamdulillah, terima kasih pak, atas kejujuran bapak. KALAU MUHAMMAD SAW, adalah bukan nabi untuk Kristen  tentunya Yesus benar dong pak, menubuwatkan untuk PAULUS..
(ingat alfa omegha ya bapak..)


A: Betul sekali, hanya Islam saja yang mengaku-ngaku mendapat nubuwat itu. Dalam hal ini nabi orang Islam Muhammad.
O: Kalau begitu..berarti Yesus berbohong, BAHWA DIRINYA UTUSAN ALLAH/BAPA, BERARTI YESUS ADALAH PENIPU TERBESAR SEPANJANG SEJARAH PERADABAN MANUSIA DENGAN MENGATAKAN BAHWA ” AJARANKU BUKAN DARI DIRIKU SENDIRI & DALAM KENYATAANNYA MENUBUWATKAN UNTUK ORANG LAIN YANG SALAH (PAULUS) & YESUS SERING MENYEBUT PAULUS ORGIL, ORANG KERASUKAN…ORANG YANG TINGGAL DI KUBURAN..DLL…DLL.. baca Matius 7:22-23


A: Saya kecewa anda terlalu jauh menafsirkan Bibel kami
O: Bapak..saya adalah mantan Kristen  yang telah diajarkan secara theologi, saya menafsirkan sesuai dengan ilmu yang saya dapat dari dosen/pendeta theolog…kecuali dosen-dosen itu yang mengajarkan saya salah dalam ilmu theologi..
A: Okay saya jawab lain waktu pertanyaan anda.


O: Bapak... Saya hanya menyambung dari pertanyaan inti yang bapak tanyakan kepada saya sesuai kesepakatan kita.
A: Saya anggap pertanyaan inti saya tuntas.
O: Berarti bapak mengakui bahwa QS.Ali Imran:45 itu hanya pemberitahuan tentang kelahiran yang ajaib dari seorang nabi yang mulia Yesus Ibnu Maryam..&  dia bukan Tuhan yang menyamar &  hadir di dunia dalam bentuk Yesus…???
A: Kalau mengikuti Al-Kitab &  seluruh alur cerita Al-Kitab, maka saya mengakui &  setuju.
 

Beri saya waktu untuk menjawab &  mempelajari semua ini, karena ini hal baru yang di infokan Islam kepada kami,
O: SILAHKAN BAPAK..UNTUK MENAMBAH WAWASAN BAPAK BACALAH QS.AN NISA 171..QS.19:88-92

Dan mereka berkata: "Tuhan Yang Maha Pemurah mengambil (mempunyai) anak". Sesungguhnya kamu telah mendatangkan sesuatu perkara yang sangat mungkar, hampir-hampir langit pecah karena ucapan itu, & bumi belah, & gunung-gunung runtuh, karena mereka mendakwa Allah Yang Maha Pemurah mempunyai anak.  
Dan tidak layak bagi Tuhan Yang Maha Pemurah mengambil (mempunyai) anak.
A: Terima kasih Aninda Chairunnisa
O: SILAHKAN BAPAK…
A: Silahkan Aninda, saya memberikan anda kesempatan.
O: Saya cuma menanyakan ke bapak tentang rangkuman dialog kita.. Apakah Musa sama seperti Muhammad, apakah Musa sama seperti Paulus, apakah Musa sama seperti Yesus, itu terserah bapak menjawabnya, tetapi fakta jangan pernah kita lupakan..


Kemudian apakah Yesus itu tuhan..apakah Yesus itu nabi…Bibel anda sendiri yang mengatakan pertentangan itu, ini memperlihatlkan kepada kami bahwa adanya dualisme..mungkin tigaisme dalam ajaran Kristen .
O: Itu semua hanya bapak &  umat Kristen  yang bisa jawab dengan hati jujur seperti bapak..kewajiban kami hanya memberitahukan bahwa kawan kami sesama komunitas manusia yang bergrup Kristen  telah salah mengartikan peta..

Dan di sinilah kita akan melihat siapa yang telah menyembunyikan kebenaran itu.
A: Silahkan tanya.
O: Apakah bapak yakin kalau kematian Yesus itu suatu pengorbanan dalam penebusan dosa atau hanya pengorbanan yang sia sia..?
A: Sangat yakin, seperti anda dulu sewaktu Kristen , setelah hama Islam merasuk keyakinan anda, maka keyakinan itu hilang itulah kesalahan anda.


O: Terima kasih pak..itu tidak masalah buat saya bapak mau nyebut saya apa ja boleh kok..
Bagaimana kalau kita buktikan di sini kalau Yesus itu sebenarnya belum meninggal dunia saat itu, berarti doktrin penebusan dosa itu gagal kan pak…?
A: Tidak perlu, anda buktikan atau tidak, YESUS TETAP TUHAN & JURU SELAMAT KAMI, & KAMI MEYAKINI BAHWA DIA MATI DI KAYU SALIB.


O: Baik pak pendeta, saya tidak memaksa anda, yang pasti Islam meyakini dengan sebenar keyakinan bahwa Yesus tidak mati di kayu salib...
A: Kalau anda &  seluruh umat Islam di dunia ini, bahkan segala jin setan sekalipun membantah bahwa Yesus mati di kayu salib, untuk menebus dosa manusia, kami umat Kristen  tetap tidak akan dirugikan.
O: Hehehehehe bapak gak usah emosi gitu....kan ini pendapat Islam yang diberitakan oleh Qur’an..yang diwahyukan oleh Allah Tuhan semesta Alam raya ini, sedangkan Kristen  hanya mengikuti pemberitaan sepihak dari Paulus, yang ditulisnya &  disisipkan di beberapa tempat dalam berbagai Bibel atau Injil..


A: Fitnah anda melebihi segala macam kejahatan di dunia ini, Yesus akan menghukum anda nantinya.
O: Saya tidak yakin pak kalau Yesus menghukum saya, justru beliau membela saya.. kan beliau mengajarkan ajaran kasih, ”TAMPAR PIPI KIRI SORONG PIPI KANAN ”.
A: Fitnah anda menuduh Paulus &  lainnya menulis Al-Kitab! Apalagi dengan menyebutkan disisipi kesana kemari, apa dasar anda ?


O: Bapak silahkan buka pengakuan penulis Al-Kitab ini dalam 2 Timotius 3:16...Lihat aja dalam berbagai versi, biar akurat saya tulis bunyinya.

”SEMUA tulisan, ADALAH DIDAPATKAN berdasarkan ilham, DARI TUHAN & BERMANFAAT BAGI PENGAJARAN, HUKUMAN, PERBAIKAN, PERINTAH MENUJU KEBENARAN” 
tolong dijabarkan makna SEMUA TULISAN/BERDASARKAN ILHAM, apakah sama dengan UUD hasil keputusan DPR, di nicea, chalchedon..effesus apakah ini betul firman tuhan bapak..

A: Firman Tuhan itukan yang diilhamkan kepada orang yang suci, pahami itu.
O: Mungkin maksud bapak termasuk orang suci itu kali, tetapi dalam liturgi keuskupan maupun kekristenan lainnya Firman itu adalah wahyu, &  wahyu itu adalah Roh kudus &  Roh kudus itu bersama-sama nyungsep di tubuh Yesus…gimana sih pak..?? Saya jadi bingung pak..


A: Bukan substansi dialog.
O: Dalam 2 timotius 3:16, ini terlihat dengan jelas dengan mata telanjang bulat, bahwa ini bukan firman tuhan atau bukan wahyu tuhan..tidak salah kalau sarjana Al-Kitab mengatakan bahwa Bibel itu hanya 20-30 % benar-benar firman tuhan sisanya hanyalah hoax yang dihoax-kan (maaf) oleh manusia yang berhati ”suci” tanda kutip.

Apakah bapak mau saya tunjukan firman sebenarnya dari firman Tuhan yang sebenarnya, bukalah MATIUS 14:21-24, & JIKA BAPAK INGIN MENGETAHUI SIAPA SESUNGGUHNYA YANG BAPAK & SELURUH UMAT KRISTEN IKUTI SELAMA INI BUKALAH 1 YOHANES 4;1
A: Jadi anda menuduh kami menyembah setan selama ini ya.


O: Hahaha iya &  benar, sebab ajaran yang diajarkan Paulus &  kawan-kawan itu adalah:
1. TIDAK MEMULIAKAN YESUS.
2. TIDAK MEMBERITAKAN APA YANG DITERIMA DARI YESUS.
3. MEMBAWA AJARAN LAIN.


A: Anda mempolitisir Yohanes 16:14 &  Yohanes 15:26
O: SILAHKAN BAPAK TULIS DI WALL INI YOHANES 16;14, & YOHANES 15;26, KITA BEDAH BERSAMA SAMA BAPAK..
A: Tidak perlu.
O: Berarti bapak yang memfitnah saya telah mempolitisir Yohanes 16 &  15 itu, bapak bisa lihat &  buktikan secara fakta lihat di Yohanes 16:1-2-3-4a. Siapa yang membunuh kami, kaum muslimin di seluruh dunia dengan dalih perang suci.. Berbakti kepada Bapa, Kristen  pak, siapa yang dibunuh Kristen …??


KAMI UMAT ISLAM, MURID-MURID ABADI YESUS, UMAT ISLAM YANG TAATI PERINTAH YESUS YANG DITERUSKAN & DISEMPURNAKAN OLEH NABI BESAR MUHAMMAD SAW. MOHON MODERATOR TAMPILKAN YOHANES 16: 1-2-3-4A-4B
A: Sejujurnya saya salut dengan anda, hapal Al-Kitab melebihi saya, saya akan periksa &  mempelajari pesan-pesan itu semua.saya secara gentleman mengakui Muhamad utusan Allah, bukan Paulus.


O: BERARTI BAPAK MENGAKUI KALAU YESUS BUKAN TUHAN & TIDAK ADA PENEBUSAN DOSA.

Sang Pengambil Kesimpulan Diskusi Yohanes 16
“Semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya kamu jangan kecewa &  menolak Aku. 
1.       Kamu akan dikucilkan, bahkan akan datang saatnya bahwa setiap orang yang membunuh kamu akan menyangka bahwa ia berbuat bakti bagi Allah. 
2.      Mereka akan berbuat demikian, karena mereka tidak mengenal baik Bapa maupun Aku. 
3.      Tetapi semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya apabila datang saatnya kamu ingat, bahwa Aku telah mengatakannya kepadamu.” (16-4b) “Hal ini tidak Kukatakan kepadamu dari semula, karena selama ini Aku masih bersama-sama dengan kamu.

Tony Chow: 
Akhirnya Pak Pendeta mengakui Muhammad Rasulullah Allahu Akbar.
A: Saya pamit dulu,saya akan kaji secara mendalam saya mengakui MESSENGER itu bukan untuk Paulus, saya pamit suatu saat saya akan buat pernyataan resmi dari hasil dialog profesional ini saya minta maaf kalau ada kata-kata saya yang tidak mengenai dalam dialog ini, terima kasih dialog ini hebat !!! Your the best friendly, saya jujur lebah mengajari manusia, untuk bersatu dalam kegotong royongan.


Meski anda muda, ilmu anda baik, saya yakin ada seseorang yang ahli mengajari anda dalam dialog ini, selamat &  shallom untuk nya, siapapun orangnya, terima kasih semua SHALLOM.

O: Saya mendo’akan bapak semoga bapak dapat menyingkap tabir kebenaran itu. Apapun kesimpulan bapak itulah yang terbaik buat bapak. Allah Tuhan yang Maha Kuasa akan menuntun bapak..selamat malam pak ..see u again..your the best teacher, the best friend and the best olman thanks.


Moderator yang terhormat &  selalu dalam berkah serta ampunan Allah, saya hanya mampu mendo’akan kalian semoga &  pasti Allah akan menjaga melindungi, memberikan kemudahan dalam segala urusan dunia &  akhirat, kepada semua barakallohu fikum, 

RABBANA ATINA FID DUNYA HASANAH WAFIL AKHIRATI HASANAH WAQINA ADZABAN NAR..WALHAMDULILLAHIRABBIL‘ALAMIN
Wabillahi Taufik Wal Hidayah
, ...
Salam Terkasih ..
Dari Sahabat Untuk Sahabat ...


==========================
Sambungan debat di atas, dapat dilihat berikut ini:
1. DEBAT Mualaf & Pendeta #1/3
2. DEBAT Mualaf & Pendeta #2/3

1 komentar:

  1. Biar satu nggak ada benarnya, perkataan Tuhan tidak bisa diterjemahkan manusia siapapun dia kecuali hanya Tuhan maha mengetahui maksudNya. Memalukan diskusi kalian seperti orang buta dengan orang tuli nggak ketemu.....?

    BalasHapus

hanya komentar yang baik, menyejukkan, mencerdaskan, menginspirasi