Jumat, 15 Maret 2013

Rasulullah: “Bacalah Quran. Karena sesungguhnya Al-Quran pada hari kiamat kelak akan datang memberikan syafaat kepada orang yang membacanya””

Bagi Umat Manusia Penghuni Surga: Baca, Pahami, & Praktekkan Quran
[Quran Digital SonySugema 3.0; Indeks Quran Mahmud Asy-Syafrowi;Riyadushsholihin,Mizan]

Quran, adalah kitab Allah terakhir. Quran adalah sebaik-baik kitab. Yang harus diikuti manusia. Sebelumnya, Allah telah menurunkan Perjanjian Lama, Perjanjian Baru & terakhir, ‘Perjanjian Terakhir’, Quran. Maka, semua manusia wajib mengikutinya, kalau ingin selamat.


Karena kasih sayang Allah, Quran diturunkan, agar menjadi pedoman hidup manusia. Supaya selamat di dunia & akhirat. Sayang, hanya sedikit yang tahu. Padahal, tanpa bimbingan Allah, tidak mungkin ke surga.

Maka, baca, pahami, & praktekkan. Semua manusia, baik yang ‘sudah’ beragama, belum beragama, maupun yang ‘sudah’ muslim harus baca, pahami, & praktekkan. Agar Allah memberikan anugrah yang besar, rahmatNya berupa pemahaman. Dijauhkan dari api neraka, insyaallah.


Persaksian paling kuat, Quran. Quran akan menjadi saksi yang paling kuat, pada hari kiamat. Pada hari itu, dunia selesai, musnah. Manusia diadili, untuk menentukan tempat tinggal abadinya. Diadili, apakah selama di dunia taat Allah atau tidak. Taat berarti ikut Quran. Quran menjadi saksi. Itulah ketentuan Sang Pemilik alam semesta. Itulah aturaNnya.

Allah berfirman, “Katakanlah: "Siapakah yang lebih kuat persaksiannya?" Katakanlah: "Allah. Dia menjadi saksi antara aku dan kamu. Dan Al Qur'an ini diwahyukan kepadaku supaya dengannya aku memberi peringatan kepadamu dan kepada orang-orang yang sampai Al Qur'an (kepadanya). 

Apakah sesungguhnya kamu mengakui bahwa ada tuhan-tuhan yang lain di samping Allah?" Katakanlah: "Aku tidak mengakui". Katakanlah: "Sesungguhnya Dia adalah Tuhan Yang Maha Esa dan sesungguhnya aku berlepas diri dari apa yang kamu persekutukan (dengan Allah)". [Al-An’am 6:19]

Quran akan memberikan syafaat, atau pertolongan ketika tidak ada lagi pertolongan, kepada yang membaca & mengamalkan.

Sabda Rasulullah yang dituturkan Abu Umamah ra, “Bacalah Quran. Karena sesungguhnya Al-Quran pada hari kiamat kelak akan datang memberikan syafaat kepada orang yang membacanya””. [HR Muslim]

Sabda Rasulullah yang dituturkan Al-Nawas bin Sam’an ra, “Pada hari kiamat kelak, Al-Quran & orang-orang yang mengamalkannya di dunia, dengan didahului oleh Surat Al-Baqarah & Ali-Imran, akan didatangkan untuk mempertahankan orang yang mengamalkannya.”. [HR Muslim]
 

Quran adalah bacaan mulia. Petunjuk Allah bagi semua manusia. Tidak ada kitab yang lebih mulia dari Quran. Karena Quran diturunkan oleh Yang Maha Mulia, Yang Maha Kasih, Yang Maha Kuasa Atas Segala Sesuatu. Tidak ada yang lebih mulia, dibanding belajar & mengajarkan kitab yang mulia. Agar keduanya, yang belajar & mengajar itu, selamat, insyaallah.

Sabda Rasulullah yang dituturkan Utsman bin Affan ra, “Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar & mengajarkan Al-Quran”. [HR Muslim]


Quran adalah sebaik-baik kitab. Quran, satu-satunya kitab Allah yang masih asli. Sama, seperti ketika diturunkan kepada Rasulullah Muhammad saw ribuan tahun yang lalu. Tidak ada perubahan hingga hari ini, & sampai akhir zaman. Karena Allah sendiri yang menjaganya. Quran sudah sempurna. Sempurna artinya, sudah tidak ada koreksi, tidak ada penambahan, tidak ada pengurangan. Tinggal baca, amalkan. Semoga kita dimampukan.

Allah berfirman, “Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Qur'an, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya”. [Al-Hijr 15:9]

Ayo. Mulai saat ini.

0 komentar:

Posting Komentar

hanya komentar yang baik, menyejukkan, mencerdaskan, menginspirasi