Kamis, 15 Maret 2012

KEESAAN & KEKUASAAN ALLAH #2/5


Sumber: Al-Quran & terjemahannya Mushaf Quantum Tauhid, MQS Publishing; Al-Quran Digital ver 3.0, Sony Sugema

“Katakanlah: "Perhatikanlah apa yang ada di langit & di bumi. Tidaklah bermanfaat tanda kekuasaan Allah & rasul-rasul yang memberi peringatan bagi orang-orang yang tidak
beriman".(Yunus 10:3,5,18,22,28-32,55-56,66-70,101)

Dan Dia-lah yang menciptakan langit & bumi dalam enam masa, & adalah Arasy-Nya di atas air, agar Dia menguji siapakah di antara kamu yang lebih baik amalnya, & jika kamu berkata (kepada penduduk Mekah): "Sesungguhnya kamu akan dibangkitkan sesudah mati", niscaya orang-orang yang kafir itu akan berkata: "Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata".(Huud 11:7)

Dia-lah Tuhan yang memperlihatkan kilat kepadamu untuk menimbulkan ketakutan & harapan, & Dia mengadakan awan mendung.

Dan guruh itu bertasbih dengan memuji Allah, (demikian pula) para malaikat karena takut kepada-Nya, & Allah melepaskan halilintar, lalu menimpakannya kepada siapa yang Dia kehendaki, & mereka berbantah-bantahan tentang Allah, & Dia-lah Tuhan Yang Maha keras siksa-Nya.

Hanya bagi Allah-lah (hak mengabulkan) doa yang benar. Dan berhala-berhala yang mereka sembah selain Allah tidak dapat memperkenankan sesuatu pun bagi mereka, melainkan seperti orang yang membukakan kedua telapak tangannya ke dalam air supaya sampai air ke mulutnya, padahal air itu tidak dapat sampai ke mulutnya. Dan doa (ibadah) orang-orang kafir itu, hanyalah sia-sia belaka.

Hanya kepada Allah-lah sujud (patuh) segala apa yang di langit & di bumi, baik dengan kemauan sendiri atau pun terpaksa (& sujud pula) bayang-bayangnya di waktu pagi & petang hari.

Katakanlah: "Siapakah Tuhan langit & bumi?" Jawabnya: "Allah." Katakanlah: "Maka patutkah kamu mengambil pelindung-pelindungmu dari selain Allah, padahal mereka tidak menguasai kemanfaatan & tidak (pula) kemudaratan bagi diri mereka sendiri?". Katakanlah: "Adakah sama orang buta & yang dapat melihat, atau samakah gelap gulita & terang benderang; apakah mereka menjadikan beberapa sekutu bagi Allah yang dapat menciptakan seperti ciptaan-Nya sehingga kedua ciptaan itu serupa menurut pandangan mereka?" Katakanlah: "Allah adalah Pencipta segala sesuatu & Dia-lah Tuhan Yang Maha Esa lagi Maha Perkasa".

Allah telah menurunkan air (hujan) dari langit, maka mengalirlah air di lembah-lembah menurut ukurannya, maka arus itu membawa buih yang mengembang. Dan dari apa (logam) yang mereka lebur dalam api untuk membuat perhiasan atau alat-alat, ada (pula) buihnya seperti buih arus itu. Demikianlah Allah membuat perumpamaan (bagi) yang benar & yang batil. Adapun buih itu, akan hilang sebagai sesuatu yang tak ada harganya; adapun yang memberi manfaat kepada manusia, maka ia tetap di bumi. Demikianlah Allah membuat perumpamaan-perumpamaan.(Ar Ra’d 13:12-17)

Tidakkah kamu perhatikan, bahwa sesungguhnya Allah telah menciptakan langit & bumi dengan hak? Jika Dia menghendaki, niscaya Dia membinasakan kamu & mengganti (mu) dengan makhluk yang baru,

& yang demikian itu sekali-kali tidak sukar bagi Allah.

Allah-lah yang telah menciptakan langit & bumi & menurunkan air hujan dari langit, kemudian Dia mengeluarkan dengan air hujan itu berbagai buah-buahan menjadi rezeki untukmu, & Dia telah menundukkan bahtera bagimu supaya bahtera itu berlayar di lautan dengan kehendak-Nya, & Dia telah menundukkan (pula) bagimu sungai-sungai.

Dan Dia telah menundukkan (pula) bagimu matahari & bulan yang terus menerus beredar (dalam orbitnya); & telah menundukkan bagimu malam & siang.

Dan Dia telah memberikan kepadamu (keperluanmu) dari segala apa yang kamu mohonkan kepadanya. Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, tidaklah dapat kamu menghinggakannya. Sesungguhnya manusia itu, sangat dzalim & sangat mengingkari (nikmat Allah).(Ibrahim 14:19-20,32-34)

Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan gugusan bintang-bintang (di langit) & Kami telah menghiasi langit itu bagi orang-orang yang memandang (nya),

& Kami menjaganya dari tiap-tiap syaitan yang terkutuk,
kecuali syaitan yang mencuri-curi (berita) yang dapat didengar (dari malaikat) lalu dia dikejar oleh semburan api yang terang.
Dan Kami telah menghamparkan bumi & menjadikan padanya gunung-gunung & Kami tumbuhkan padanya segala sesuatu menurut ukuran.

Dan Kami telah menjadikan untukmu di bumi keperluan-keperluan hidup, & (Kami menciptakan pula) makhluk-makhluk yang kamu sekali-kali bukan pemberi rezeki kepadanya.

Dan tidak ada sesuatu pun melainkan pada sisi Kami-lah khazanahnya; & Kami tidak menurunkannya melainkan dengan ukuran yang tertentu.

Dan Kami telah meniupkan angin untuk mengawinkan (tumbuh-tumbuhan) & Kami turunkan hujan dari langit, lalu Kami beri minum kamu dengan air itu, & sekali-kali bukanlah kamu yang menyimpannya.

Dan sesungguhnya benar-benar Kami-lah yang menghidupkan & mematikan & Kami (pulalah) yang mewarisi.

Dan sesungguhnya Kami telah mengetahui orang-orang yang terdahulu daripada-mu & sesungguhnya Kami mengetahui pula orang-orang yang terkemudian (dari padamu).

Sesungguhnya Tuhanmu, Dia-lah yang akan menghimpunkan mereka. Sesungguhnya Dia adalah Maha Bijaksana lagi Maha Mengetahui.

Dan sesungguhnya Kami telah meciptakan manusia (Adam) dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk.
Dan Kami telah menciptakan jin sebelum (Adam) dari api yang sangat panas.(Al Hijr 15:16-27)

Dia menurunkan para malaikat dengan (membawa) wahyu dengan perintah-Nya kepada siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya, yaitu: "Peringatkanlah olehmu sekalian, bahwasanya tidak ada Tuhan (yang hak) melainkan Aku, maka hendaklah kamu bertakwa kepada-Ku".

Dia menciptakan langit & bumi dengan hak. Maha Tinggi Allah daripada apa yang mereka persekutukan.
Dia telah menciptakan manusia dari mani, tiba-tiba ia menjadi pembantah yang nyata.
Dan Dia telah menciptakan binatang ternak untuk kamu; padanya ada (bulu) yang menghangatkan & berbagai-bagai manfaat, & sebagiannya kamu makan.

Dan kamu memperoleh pandangan yang indah padanya, ketika kamu membawanya kembali ke kandang & ketika kamu melepaskannya ke tempat penggembalaan.

Dan ia memikul beban-bebanmu ke suatu negeri yang kamu tidak sanggup sampai kepadanya, melainkan dengan kesukaran-kesukaran (yang memayahkan) diri. Sesungguhnya Tuhanmu benar-benar Maha Pengasih lagi Maha Penyayang,

& (Dia telah menciptakan) kuda, bagal, & keledai, agar kamu menungganginya & (menjadikannya) perhiasan. Dan Allah menciptakan apa yang kamu tidak mengetahuinya.

Dan hak bagi Allah (menerangkan) jalan yang lurus, & di antara jalan-jalan ada yang bengkok. Dan jikalau Dia menghendaki, tentulah Dia memimpin kamu semuanya (kepada jalan yang benar).

Dia-lah, Yang telah menurunkan air hujan dari langit untuk kamu, sebagiannya menjadi minuman & sebagiannya (menyuburkan) tumbuh-tumbuhan, yang pada (tempat tumbuhnya) kamu menggembalakan ternakmu.

Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, kurma, anggur & segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan.

Dan Dia menundukkan malam & siang, matahari & bulan untukmu. Dan bintang-bintang itu ditundukkan (untukmu) dengan perintah-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memahami (nya),

& Dia (menundukkan pula) apa yang Dia ciptakan untuk kamu di bumi ini dengan berlain-lainan macamnya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang mengambil pelajaran.

Dan Dia-lah, Allah yang menundukkan lautan (untukmu) agar kamu dapat memakan daripadanya daging yang segar (ikan), & kamu mengeluarkan dari lautan itu perhiasan yang kamu pakai; & kamu melihat bahtera berlayar padanya, & supaya kamu mencari (keuntungan) dari karunia-Nya, & supaya kamu bersyukur.

Dan Dia menancapkan gunung-gunung di bumi supaya bumi itu tidak guncang bersama kamu, (& Dia menciptakan) sungai-sungai & jalan-jalan agar kamu mendapat petunjuk,

& (Dia ciptakan) tanda-tanda (penunjuk jalan). Dan dengan bintang-bintang itulah mereka mendapat petunjuk.

Maka apakah (Allah) yang menciptakan itu sama dengan yang tidak dapat menciptakan (apa-apa)? Maka mengapa kamu tidak mengambil pelajaran.

Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Dan Allah mengetahui apa yang kamu rahasiakan & apa yang kamu lahirkan.

Dan berhala-berhala yang mereka seru selain Allah, tidak dapat membuat sesuatu apapun, sedang berhala-berhala itu (sendiri) dibuat orang.

(Berhala-berhala itu) benda mati tidak hidup, & berhala-berhala itu tidak mengetahui bilakah penyembah-penyembahnya akan dibangkitkan.

Tuhan kamu adalah Tuhan Yang Maha Esa. Maka orang-orang yang tidak beriman kepada akhirat, hati mereka mengingkari (keesaan Allah), sedangkan mereka sendiri adalah orang-orang yang sombong.

Tidak diragukan lagi bahwa sesungguhnya Allah mengetahui apa yang mereka rahasiakan & apa yang mereka lahirkan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong.

Dan apakah mereka tidak memperhatikan segala sesuatu yang telah diciptakan Allah yang bayangannya berbolak-balik ke kanan & ke kiri dalam keadaan sujud kepada Allah, sedang mereka berendah diri?

Dan kepada Allah sajalah bersujud segala apa yang berada di langit & semua makhluk yang melata di bumi & (juga) para malaikat, sedang mereka (malaikat) tidak menyombongkan diri.

Allah berfirman: "Janganlah kamu menyembah dua tuhan; sesungguhnya Dia-lah Tuhan Yang Maha Esa, maka hendaklah kepada-Ku saja kamu takut".

Dan kepunyaan-Nya-lah segala apa yang ada di langit & di bumi, & untuk-Nya-lah ketaatan itu selama-lamanya. Maka mengapa kamu bertakwa kepada selain Allah?

Dan Allah menurunkan dari langit air (hujan) & dengan air itu dihidupkan-Nya bumi sesudah matinya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang mendengarkan (pelajaran).

Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum daripada apa yang berada dalam perutnya (berupa) susu yang bersih antara tahi & darah, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya.

Dan dari buah kurma & anggur, kamu buat minuman yang memabukkan & rezeki yang baik. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang memikirkan.

Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: "Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, & di tempat-tempat yang dibikin manusia".

kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan & tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.

Allah menciptakan kamu, kemudian mewafatkan kamu; & di antara kamu ada yang dikembalikan kepada umur yang paling lemah (pikun), supaya dia tidak mengetahui lagi sesuatu pun yang pernah diketahuinya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Kuasa.

Dan Allah melebihkan sebahagian kamu dari sebahagian yang lain dalam hal rezeki, tetapi orang-orang yang dilebihkan (rezekinya itu) tidak mau memberikan rezeki mereka kepada budak-budak yang mereka miliki, agar mereka sama (merasakan) rezeki itu. Maka mengapa mereka mengingkari nikmat Allah?

Allah menjadikan bagi kamu istri-istri dari jenis kamu sendiri & menjadikan bagimu dari istri-istri kamu itu, anak anak & cucu-cucu, & memberimu rezeki dari yang baik-baik. Maka mengapakah mereka beriman kepada yang batil & mengingkari nikmat Allah?"

Dan mereka menyembah selain Allah, sesuatu yang tidak dapat memberikan rezeki kepada mereka sedikit pun dari langit & bumi, & tidak berkuasa (sedikit jua pun).

Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatu pun, & Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan & hati, agar kamu bersyukur.

Tidakkah mereka memperhatikan burung-burung yang dimudahkan terbang di angkasa bebas. Tidak ada yang menahannya selain daripada Allah. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang beriman.

Dan Allah menjadikan bagimu rumah-rumahmu sebagai tempat tinggal & Dia menjadikan bagi kamu rumah-rumah (kemah-kemah) dari kulit binatang ternak yang kamu merasa ringan (membawa) nya di waktu kamu berjalan & waktu kamu bermukim & (dijadikan-Nya pula) dari bulu domba, bulu unta & bulu kambing, alat-alat rumah tangga & perhiasan (yang kamu pakai) sampai waktu (tertentu).

Dan Allah menjadikan bagimu tempat bernaung dari apa yang telah Dia ciptakan, & Dia jadikan bagimu tempat-tempat tinggal di gunung-gunung, & Dia jadikan bagimu pakaian yang memeliharamu dari panas & pakaian (baju besi) yang memelihara kamu dalam peperangan. Demikianlah Allah menyempurnakan nikmat-Nya atasmu agar kamu berserah diri (kepada-Nya).(An Nahl 16:2-23,48-49,51-52,65-73,78-81)

Dan Kami jadikan malam & siang sebagai dua tanda, lalu Kami hapuskan tanda malam & Kami jadikan tanda siang itu terang, agar kamu mencari karunia dari Tuhanmu, & supaya kamu mengetahui bilangan tahun-tahun & perhitungan. Dan segala sesuatu telah Kami terangkan dengan jelas.

Maka apakah patut Tuhan memilihkan bagimu anak-anak laki-laki sedang Dia sendiri mengambil anak-anak perempuan di antara para malaikat? Sesungguhnya kamu benar-benar mengucapkan kata-kata yang besar (dosanya).

Katakanlah: "Jika ada tuhan-tuhan di samping-Nya, sebagaimana yang mereka katakan, niscaya tuhan-tuhan itu mencari jalan kepada Tuhan yang mempunyai Arasy".

Maha Suci & Maha Tinggi Dia dari apa yang mereka katakan dengan ketinggian yang sebesar-besarnya.

Langit yang tujuh, bumi & semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tak ada suatu pun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun.

Dan katakanlah: "Segala puji bagi Allah Yang tidak mempunyai anak & tidak mempunyai sekutu dalam kerajaan-Nya & Dia bukan pula hina yang memerlukan penolong & agungkanlah Dia dengan pengagungan yang sebesar-besarnya.(Al Israa’ 17:12,40,42-44,111)

Tidak layak bagi Allah mempunyai anak, Maha Suci Dia. Apabila Dia telah menetapkan sesuatu, maka Dia hanya berkata kepadanya: "Jadilah", maka jadilah ia.
Dan mereka berkata: "Tuhan Yang Maha Pemurah mengambil (mempunyai) anak".
Sesungguhnya kamu telah mendatangkan sesuatu perkara yang sangat mungkar,
hampir-hampir langit pecah karena ucapan itu, & bumi belah, & gunung-gunung runtuh,
karena mereka mendakwa Allah Yang Maha Pemurah mempunyai anak.(Maryam 19:35,88-91)

Dan kepunyaan-Nyalah segala yang di langit & di bumi. Dan malaikat-malaikat yang di sisi-Nya, mereka tiada mempunyai rasa angkuh untuk menyembah-Nya & tiada (pula) merasa letih.
Mereka selalu bertasbih malam & siang tiada henti-hentinya.
Apakah mereka mengambil tuhan-tuhan dari bumi, yang dapat menghidupkan (orang-orang mati)?

Sekiranya ada di langit & di bumi tuhan-tuhan selain Allah, tentulah keduanya itu telah rusak binasa. Maka Maha Suci Allah yang mempunyai `Arsy daripada apa yang mereka sifatkan.
Dia tidak ditanya tentang apa yang diperbuat-Nya, & merekalah yang akan ditanyai.

Apakah mereka mengambil tuhan-tuhan selain-Nya? Katakanlah: "Unjukkanlah hujjahmu! (Al Qur'an) ini adalah peringatan bagi orang-orang yang bersamaku, & peringatan orang-orang yang sebelumku". Sebenarnya kebanyakan mereka tiada mengetahui yang hak, karena itu mereka berpaling.

Dan Kami tidak mengutus seorang rasul pun sebelum kamu, melainkan Kami wahyukan kepadanya: "Bahwasanya tidak ada Tuhan (yang hak) melainkan Aku, maka sembahlah olehmu sekalian akan Aku".

Dan mereka berkata: "Tuhan Yang Maha Pemurah telah mengambil (mempunyai) anak", Maha Suci Allah. Sebenarnya (malaikat-malaikat itu), adalah hamba-hamba yang dimuliakan,

mereka itu tidak mendahului-Nya dengan perkataan & mereka mengerjakan perintah-perintah-Nya.

Allah mengetahui segala sesuatu yang di hadapan mereka (malaikat) & yang di belakang mereka, & mereka tiada memberi syafaat melainkan kepada orang yang diridai Allah, & mereka itu selalu berhati-hati karena takut kepada-Nya.

Dan barang siapa di antara mereka mengatakan: "Sesungguhnya aku adalah tuhan selain daripada Allah", maka orang itu Kami beri balasan dengan Jahanam, demikian Kami memberikan pembalasan kepada orang-orang dzalim.

Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit & bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?

Dan telah Kami jadikan di bumi ini gunung-gunung yang kokoh supaya bumi itu (tidak) goncang bersama mereka, & telah Kami jadikan (pula) di bumi itu jalan-jalan yang luas, agar mereka mendapat petunjuk.

Dan Kami menjadikan langit itu sebagai atap yang terpelihara, sedang mereka berpaling dari segala tanda-tanda (kekuasaan Allah) yang terdapat padanya.

Dan Dialah yang telah menciptakan malam & siang, matahari & bulan. Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya.(Al Anbiyaa’ 21:19-33)

dengan ikhlas kepada Allah, tidak mempersekutukan sesuatu dengan Dia. Barang siapa mempersekutukan sesuatu dengan Allah, maka adalah ia seolah-olah jatuh dari langit lalu disambar oleh burung, atau diterbangkan angin ke tempat yang jauh” (Al  Hajj 22:31,34,61-66,71)

0 komentar:

Posting Komentar

hanya komentar yang baik, menyejukkan, mencerdaskan, menginspirasi