Kamis, 15 Maret 2012

KEESAAN & KEKUASAAN ALLAH #3/5

By Tadabur Tera   Posted at  11.13.00   Al-Qur`an No comments


Sumber: Al-Quran & terjemahannya Mushaf Quantum Tauhid, MQS Publishing; Al-Quran Digital ver 3.0, Sony Sugema

“Yang demikian itu, adalah karena sesungguhnya Allah (kuasa) memasukkan malam ke dalam siang & memasukkan siang ke dalam malam & bahwasanya Allah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.

(Kuasa Allah) yang demikian itu, adalah karena sesungguhnya Allah
, Dialah (Tuhan) Yang Hak & sesungguhnya apa saja yang mereka seru selain Allah, itulah yang batil, & sesungguhnya Allah, Dialah Yang Maha Tinggi lagi Maha Besar.

Apakah kamu tiada melihat, bahwasanya Allah menurunkan air dari langit, lalu jadilah bumi itu hijau? Sesungguhnya Allah Maha Halus lagi Maha Mengetahui.

Kepunyaan Allah-lah segala yang ada di langit & segala yang ada di bumi. Dan sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kaya lagi Maha Terpuji.

Apakah kamu tiada melihat bahwasanya Allah menundukkan bagimu apa yang ada di bumi & bahtera yang berlayar di lautan dengan perintah-Nya. Dan Dia menahan (benda-benda) langit jatuh ke bumi, melainkan dengan izin-Nya? Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengasih lagi Maha Penyayang kepada Manusia.

Dan Dialah Allah yang telah menghidupkan kamu, kemudian mematikan kamu, kemudian menghidupkan kamu (lagi), sesungguhnya manusia itu, benar-benar sangat mengingkari nikmat.

Dan mereka menyembah selain Allah, apa yang Allah tidak menurunkan keterangan tentang itu, & apa yang mereka sendiri tiada mempunyai pengetahuan terhadapnya. Dan bagi orang-orang yang dzalim sekali-kali tidak ada seorang penolong pun.(Al  Hajj 22:31,34,61-66,71)

Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan di atas kamu tujuh buah jalan (tujuh buah langit). & Kami tidaklah lengah terhadap ciptaan (Kami).

Dan Kami turunkan air dari langit menurut suatu ukuran; lalu Kami jadikan air itu menetap di bumi, & sesungguhnya Kami benar-benar berkuasa menghilangkannya.

Lalu dengan air itu, Kami tumbuhkan untuk kamu kebun-kebun kurma & anggur; di dalam kebun-kebun itu kamu peroleh buah-buahan yang banyak & sebahagian dari buah-buahan itu kamu makan,

& pohon kayu ke luar dari Thursina (pohon zaitun), yang menghasilkan minyak, & pemakan makanan bagi orang-orang yang makan.

Dan sesungguhnya pada binatang-binatang ternak, benar-benar terdapat pelajaran yang penting bagi kamu, Kami memberi minum kamu dari air susu yang ada dalam perutnya, & (juga) pada binatang-binatang ternak itu terdapat faedah yang banyak untuk kamu, & sebagian darinya kamu makan,

& di atas punggung binatang-binatang ternak itu & (juga) di atas perahu-perahu kamu diangkut.

Dan sesungguhnya Kami telah mengutus Nuh kepada kaumnya, lalu ia berkata: "Hai kaumku, sembahlah oleh kamu Allah, (karena) sekali-kali tidak ada Tuhan bagimu selain Dia. Maka mengapa kamu tidak bertakwa (kepada-Nya)?"(Al Mukminuun 23:17-23,78-80,84-92)

Tidakkah kamu tahu bahwasanya Allah: kepada-Nya bertasbih apa yang di langit dan di bumi dan (juga) burung dengan mengembangkan sayapnya. Masing-masing telah mengetahui (cara) shalat dan tasbihnya, dan Allah Maha Mengetahui apa yang mereka kerjakan.

Dan kepunyaan Allah-lah kerajaan langit dan bumi dan kepada Allah-lah kembali (semua makhluk).

Tidakkah kamu melihat bahwa Allah mengarak awan, kemudian mengumpulkan antara (bagian-bagian) nya, kemudian menjadikannya bertindih-tindih, maka kelihatanlah olehmu hujan keluar dari celah-celahnya dan Allah (juga) menurunkan (butiran-butiran) es dari langit, (yaitu) dari (gumpalan-gumpalan awan seperti) gunung-gunung, maka ditimpakan-Nya (butiran-butiran) es itu kepada siapa yang dikehendaki-Nya dan dipalingkan-Nya dari siapa yang dikehendaki-Nya. Kilauan kilat awan itu hampir-hampir menghilangkan penglihatan.

Allah mempergantikan malam dan siang. Sesungguhnya pada yang demikian itu, terdapat pelajaran yang besar bagi orang-orang yang mempunyai penglihatan.

Dan Allah telah menciptakan semua jenis hewan dari air, maka sebagian dari hewan itu ada yang berjalan di atas perutnya dan sebagian berjalan dengan dua kaki, sedang sebagian (yang lain) berjalan dengan empat kaki. Allah menciptakan apa yang dikehendaki-Nya, sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.(An Nuur 24:41-45)

Maha Suci Allah yang telah menurunkan Al-Furqaan (Al Qur'an) kepada hamba-Nya, agar dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam,

yang kepunyaan-Nya-lah kerajaan langit & bumi, & Dia tidak mempunyai anak, & tidak ada sekutu bagi-Nya dalam kekuasaan (Nya), & Dia telah menciptakan segala sesuatu, & Dia menetapkan ukuran-ukurannya dengan serapi-rapinya.

Kemudian mereka mengambil tuhan-tuhan selain daripada-Nya (untuk disembah), yang tuhan-tuhan itu tidak menciptakan apa pun, bahkan mereka sendiri diciptakan & tidak kuasa untuk (menolak) sesuatu kemudaratan dari dirinya & tidak (pula untuk mengambil) sesuatu kemanfaatan pun & (juga) tidak kuasa mematikan, menghidupkan & tidak (pula) membangkitkan.

Apakah kamu tidak memperhatikan (penciptaan) Tuhanmu, bagaimana Dia memanjangkan (& memendekkan) bayang-bayang; & kalau dia menghendaki niscaya Dia menjadikan tetap bayang-bayang itu, kemudian Kami jadikan matahari sebagai petunjuk atas bayang-bayang itu,

kemudian Kami menarik bayang-bayang itu kepada Kami dengan tarikan yang perlahan-lahan.

Dialah yang menjadikan untukmu malam (sebagai) pakaian, & tidur untuk istirahat, & Dia menjadikan siang untuk bangun berusaha.

Dialah yang meniupkan angin (sebagai) pembawa kabar gembira dekat sebelum kedatangan rahmat-nya (hujan); & Kami turunkan dari langit air yang amat bersih,

agar Kami menghidupkan dengan air itu negeri (tanah) yang mati, & agar Kami memberi minum dengan air itu sebagian besar dari makhluk Kami, binatang-binatang ternak & manusia yang banyak.

Dan sesungguhnya Kami telah mempergilirkan hujan itu di antara manusia supaya mereka mengambil pelajaran (daripadanya); maka kebanyakan manusia itu tidak mau kecuali mengingkari (nikmat).

Dan Dialah yang membiarkan dua laut mengalir (berdampingan); yang ini tawar lagi segar & yang lain asin lagi pahit; & Dia jadikan antara keduanya dinding & batas yang menghalangi.

Dan Dia (pula) yang menciptakan manusia dari air, lalu Dia jadikan manusia itu (punya) keturunan & mushaharah & adalah Tuhanmu Maha Kuasa.

Yang menciptakan langit & bumi & apa yang ada antara keduanya dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam di atas Arasy, (Dialah) Yang Maha Pemurah, maka tanyakanlah (tentang Allah) kepada yang lebih mengetahui (Muhammad) tentang Dia.

Maha Suci Allah yang menjadikan di langit gugusan-gugusan bintang & Dia menjadikan juga padanya matahari & bulan yang bercahaya.(Al Furqon 25:1-3,45-50,53-54,59,61)

Dan apakah mereka tidak memperhatikan bumi, berapakah banyaknya Kami tumbuhkan di bumi itu pelbagai macam tumbuh-tumbuhan yang baik?

Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat suatu tanda kekuasaan Allah. Dan kebanyakan mereka tidak beriman.

Dan sesungguhnya Tuhanmu benar-benar Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Penyayang.(Ash Shuraa’ 26:7-9)

agar mereka tidak menyembah Allah Yang mengeluarkan apa yang terpendam di langit & di bumi & Yang mengetahui apa yang kamu sembunyikan & apa yang kamu nyatakan.

Allah, tiada Tuhan (yang berhak disembah) kecuali Dia, Tuhan Yang mempunyai Arasy yang besar".

Katakanlah: "Segala puji bagi Allah & kesejahteraan atas hamba-hamba-Nya yang dipilih-Nya. Apakah Allah yang lebih baik, ataukah apa yang mereka persekutukan dengan Dia?"

Atau siapakah yang telah menciptakan langit & bumi & yang menurunkan air untukmu dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu kebun-kebun yang berpemandangan indah, yang kamu sekali-kali tidak mampu menumbuhkan pohon-pohonnya? Apakah di samping Allah ada tuhan (yang lain)? Bahkan (sebenarnya) mereka adalah orang-orang yang menyimpang (dari kebenaran).

Atau siapakah yang telah menjadikan bumi sebagai tempat berdiam, & yang menjadikan sungai-sungai di celah-celahnya, & yang menjadikan gunung-gunung untuk (mengokohkan) nya & menjadikan suatu pemisah antara dua laut? Apakah di samping Allah ada tuhan (yang lain)? Bahkan (sebenarnya) kebanyakan dari mereka tidak mengetahui.

Atau siapakah yang memperkenankan (doa) orang yang dalam kesulitan apabila ia berdoa kepada-Nya, & yang menghilangkan kesusahan & yang menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah di bumi? Apakah di samping Allah ada tuhan (yang lain)? Amat sedikitlah kamu mengingati (Nya).

Atau siapakah yang memimpin kamu dalam kegelapan di daratan & lautan & siapa (pula) kah yang mendatangkan angin sebagai kabar gembira sebelum (kedatangan) rahmat-Nya? Apakah di samping Allah ada tuhan (yang lain)? Maha Tinggi Allah terhadap apa yang mereka persekutukan (dengan-Nya).

Atau siapakah yang menciptakan (manusia dari permulaannya), kemudian mengulanginya (lagi), & siapa (pula) yang memberikan rezeki kepadamu dari langit & bumi? Apakah di samping Allah ada tuhan (yang lain)?. Katakanlah: "Unjukkanlah bukti kebenaranmu, jika kamu memang orang-orang yang benar".

Katakanlah: "Tidak ada seorang pun di langit & di bumi yang mengetahui perkara yang gaib, kecuali Allah", & mereka tidak mengetahui bila mereka akan dibangkitkan.

Apakah mereka tidak memperhatikan, bahwa sesungguhnya Kami telah menjadikan malam supaya mereka beristirahat padanya & siang yang menerangi? Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman.

Dan kamu lihat gunung-gunung itu, kamu sangka dia tetap di tempatnya, padahal ia berjalan sebagai jalannya awan. (Begitulah) perbuatan Allah yang membuat dengan kokoh tiap-tiap sesuatu; sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Dan katakanlah: "Segala puji bagi Allah, Dia akan memperlihatkan kepadamu tanda-tanda kebesaran-Nya, maka kamu akan mengetahuinya. Dan Tuhanmu tiada lalai dari apa yang kamu kerjakan". (An Naml 27:25-26,59-65,86,88,93)

Dan (ingatlah) hari (di waktu) Allah menyeru mereka seraya berkata: "Dimanakah sekutu-sekutu-Ku yang dahulu kamu katakan?"

Berkatalah orang-orang yang telah tetap hukuman atas mereka; "Ya Tuhan kami, mereka inilah orang-orang yang kami sesatkan itu; kami telah menyesatkan mereka sebagaimana kami (sendiri) sesat, kami menyatakan berlepas diri (dari mereka) kepada Engkau, mereka sekali-kali tidak menyembah kami".

Dikatakan (kepada mereka): "Serulah olehmu sekutu-sekutu kamu", lalu mereka menyerunya, maka sekutu-sekutu itu tidak memperkenankan (seruan) mereka, & mereka melihat adzab. (Mereka ketika itu berkeinginan) kiranya mereka dahulu menerima petunjuk.

Dan (ingatlah) hari (di waktu) Allah menyeru mereka, seraya berkata: "Apakah jawabanmu kepada para rasul?"

Maka gelaplah bagi mereka segala macam alasan pada hari itu, karena itu mereka tidak saling tanya menanya.

Adapun orang yang bertobat & beriman, serta mengerjakan amal yang shaleh, semoga dia termasuk orang-orang yang beruntung.

Dan Tuhanmu menciptakan apa yang Dia kehendaki & memilihnya. Sekali-kali tidak ada pilihan bagi mereka. Maha Suci Allah & Maha Tinggi dari apa yang mereka persekutukan (dengan Dia).

Dan Tuhanmu mengetahui apa yang disembunyikan (dalam) dada mereka & apa yang mereka nyatakan.

Dan Dialah Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, bagi-Nyalah segala puji di dunia & di akhirat, & bagi-Nyalah segala penentuan & hanya kepada-Nyalah kamu dikembalikan.

Katakanlah: "Terangkanlah kepadaku, jika Allah menjadikan untukmu malam itu terus menerus sampai hari kiamat, siapakah Tuhan selain Allah yang akan mendatangkan sinar terang kepadamu? Maka apakah kamu tidak mendengar?"

Katakanlah: "Terangkanlah kepadaku, jika Allah menjadikan untukmu siang itu terus menerus sampai hari kiamat, siapakah Tuhan selain Allah yang akan mendatangkan malam kepadamu yang kamu beristirahat padanya? Maka apakah kamu tidak memperhatikan?"

Dan karena rahmat-Nya, Dia jadikan untukmu malam & siang, supaya kamu beristirahat pada malam itu & supaya kamu mencari sebahagian dari karunia-Nya (pada siang hari) & agar kamu bersyukur kepada-Nya.

Dan (ingatlah) hari (di waktu) Allah menyeru mereka, seraya berkata: "Di manakah sekutu-sekutu-Ku yang dahulu kamu katakan?"

Dan Kami datangkan dari tiap-tiap umat seorang saksi, lalu Kami berkata "Tunjukkanlah bukti kebenaranmu", maka tahulah mereka bahwasanya yang hak itu kepunyaan Allah & lenyaplah dari mereka apa yang dahulunya mereka ada-adakan.(Al Qashash 28:62-75)

Dan apakah mereka tidak memperhatikan bagaimana Allah menciptakan (manusia) dari permulaannya, kemudian mengulanginya (kembali). Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah.” (Al ‘Ankabuut 29:19)

Dan mengapa mereka tidak memikirkan tentang (kejadian) diri mereka?, Allah tidak menjadikan langit & bumi & apa yang ada di antara keduanya melainkan dengan (tujuan) yang benar & waktu yang ditentukan. Dan sesungguhnya kebanyakan di antara manusia benar-benar ingkar akan pertemuan dengan Tuhannya.

Dan apakah mereka tidak mengadakan perjalanan di muka bumi & memperhatikan bagaimana akibat (yang diderita) oleh orang-orang yang sebelum mereka? Orang-orang itu adalah lebih kuat dari mereka (sendiri) & telah mengolah bumi (tanah) serta memakmurkannya lebih banyak dari apa yang telah mereka makmurkan. Dan telah datang kepada mereka rasul-rasul mereka dengan membawa bukti-bukti yang nyata. Maka Allah sekali-kali tidak berlaku dzalim kepada mereka, akan tetapi merekalah yang berlaku dzalim kepada diri sendiri.

Kemudian, akibat orang-orang yang mengerjakan kejahatan adalah (adzab) yang lebih buruk, karena mereka mendustakan ayat-ayat Allah & mereka selalu memperolok-oloknya.

Allah menciptakan (manusia) dari permulaan, kemudian mengembalikan (menghidupkan) nya kembali; kemudian kepada-Nyalah kamu dikembalikan.

Allah-lah yang menciptakan kamu, kemudian memberimu rezeki, kemudian mematikanmu, kemudian menghidupkanmu (kembali). Adakah di antara yang kamu sekutukan dengan Allah itu yang dapat berbuat sesuatu dari yang demikian itu? Maha Sucilah Dia & Maha Tinggi dari apa yang mereka persekutukan.

Allah, Dialah yang mengirim angin, lalu angin itu menggerakkan awan & Allah membentangkannya di langit menurut yang dikehendaki-Nya, & menjadikannya bergumpal-gumpal; lalu kamu lihat hujan ke luar dari celah-celahnya, maka apabila hujan itu turun mengenai hamba-hamba-Nya yang dikehendaki-Nya tiba-tiba mereka menjadi gembira.

Dan sesungguhnya sebelum hujan diturunkan kepada mereka, mereka benar-benar telah berputus asa.

Maka perhatikanlah bekas-bekas rahmat Allah, bagaimana Allah menghidupkan bumi yang sudah mati. Sesungguhnya (Tuhan yang berkuasa seperti) demikian benar-benar (berkuasa) menghidupkan orang-orang yang telah mati. Dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Allah, Dialah yang menciptakan kamu dari keadaan lemah, kemudian Dia menjadikan (kamu) sesudah keadaan lemah itu menjadi kuat, kemudian Dia menjadikan (kamu) sesudah kuat itu lemah (kembali) & beruban. Dia menciptakan apa yang dikehendaki-Nya & Dialah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Kuasa.” (Ar Ruum 30:8-11,40,48-50,54)

Dia menciptakan langit tanpa tiang yang kamu melihatnya & Dia meletakkan gunung-gunung (di permukaan) bumi supaya bumi itu tidak menggoyangkan kamu; & memperkembang biakkan padanya segala macam jenis binatang. Dan Kami turunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan padanya segala macam tumbuh-tumbuhan yang baik.

Inilah ciptaan Allah, maka perlihatkanlah olehmu kepadaku apa yang telah diciptakan oleh sembahan-sembahan (mu) selain Allah sebenarnya orang-orang yang dzalim itu berada di dalam kesesatan yang nyata.

Inilah ciptaan Allah, maka perlihatkanlah olehmu kepadaku apa yang telah diciptakan oleh sembahan-sembahan (mu) selain Allah sebenarnya orang-orang yang dzalim itu berada di dalam kesesatan yang nyata.

Kepunyaan Allah-lah apa yang di langit & yang di bumi. Sesungguhnya Allah Dia-lah Yang Maha Kaya lagi Maha Terpuji.

Tidakkah kamu memperhatikan, bahwa sesungguhnya Allah memasukkan malam ke dalam siang & memasukkan siang ke dalam malam & Dia tundukkan matahari & bulan masing-masing berjalan sampai kepada waktu yang ditentukan, & sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Demikianlah, karena sesungguhnya Allah, Dia-lah yang hak & sesungguhnya apa saja yang mereka seru selain dari Allah itulah yang batil; & sesungguhnya Allah, Dialah Yang Maha Tinggi lagi Maha Besar.

Tidakkah kamu memperhatikan bahwa sesungguhnya kapal itu berlayar di laut dengan nikmat Allah, supaya diperlihatkan-Nya kepadamu sebagian dari tanda-tanda (kekuasaan) -Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi semua orang yang sangat sabar lagi banyak bersyukur.(Lukman 31:10-11,25-26,29-31)

Yang demikian itu ialah Tuhan Yang mengetahui yang gaib & yang nyata, Yang Maha Perkasa lagi Maha Penyayang,

Yang membuat segala sesuatu yang Dia ciptakan sebaik-baiknya & Yang memulai penciptaan manusia dari tanah.

Kemudian Dia menjadikan keturunannya dari saripati air yang hina (air mani).

Kemudian Dia menyempurnakan & meniupkan ke dalam (tubuh) nya roh (ciptaan) -Nya & Dia menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan & hati; (tetapi) kamu sedikit sekali bersyukur.

Dan apakah mereka tidak memperhatikan, bahwasanya Kami menghalau (awan yang mengandung) air ke bumi yang tandus, lalu Kami tumbuhkan dengan air hujan itu tanam-tanaman yang daripadanya (dapat) makan binatang-binatang ternak mereka & mereka sendiri. Maka apakah mereka tidak memperhatikan?(Sajdah As 32:6-9,27)

Hai manusia, ingatlah akan nikmat Allah kepadamu. Adakah pencipta selain Allah yang dapat memberikan rezeki kepada kamu dari langit & bumi? Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia; maka mengapakah kamu berpaling (dari ketauhidan)?

Dan Allah, Dialah Yang mengirimkan angin; lalu angin itu menggerakkan awan, maka Kami halau awan itu ke suatu negeri yang mati lalu Kami hidupkan bumi setelah matinya dengan hujan itu. Demikianlah kebangkitan itu. . (Faatir 35:3,9,11-13,27-28,41)

About the Author

Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.
View all posts by: BT9

0 komentar:

hanya komentar yang baik, menyejukkan, mencerdaskan, menginspirasi

Back to top ↑
Connect with Us

What they says

Mohon kritik, saran, yang baik, sopan, & sejuk.
Agar belajar, hingga pemahaman & praktek
beragama, lebih baik. Bagi, siapapun.

Beberapa tulisan, dikutip dari pengajian, tulisan relevan situs lain, dengan menyebut sumber. Silahkan menyalin, untuk kebaikan. Ijinless. Tak usah ijin. Amin. Trims.
© 2013 Tadabur tera. WP Mythemeshop Converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.