Selasa, 19 Februari 2013

SIFAT-SIFAT ALLAH #1



SIFAT-SIFAT ALLAH
1.     Asmaul Husna
Hanya milik Allah asmaulhusna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaaulhusna itu & tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-namaNya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan. (Al-A’raf 7:180)


Katakanlah: "Serulah Allah atau serulah Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu seru, Dia mempunyai al asmaaulhusna (nama-nama yang terbaik) & janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam shalatmu & janganlah pula merendahkannya & carilah jalan tengah di antara kedua itu". (Al-Isra 17:110)

Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Yang Mempunyai Nama-Nama Yang Paling baik. Bertasbih kepadaNya apa yang ada di langit & di bumi. Dan Dia-lah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (Al-Hasyr 59:24)

2.     Allah
Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. (Al-Fatihah 1:1)

3.     Ilah
Adakah kamu hadir ketika Yakub kedatangan (tanda-tanda) maut, ketika ia berkata kepada anak-anaknya: "Apa yang kamu sembah sepeninggalku?" Mereka menjawab: "Kami akan menyembah Tuhanmu & Tuhan nenek moyangmu, Ibrahim, Ismail & Ishak, (yaitu) Tuhan Yang Maha Esa & kami hanya tunduk patuh kepadaNya." (Al-Baqarah 2:133)

4.     Ar-Rahman (Yang Maha Pemurah)
Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. (Al-Fatihah 1:1)

5.     Ar-Rahim (Yang Maha Penyayang)
Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. (Al-Fatihah 1:1)

Maha Pemurah lagi Maha Penyayang (Al-Fatihah 1:3)

Ya Tuhan kami, jadikanlah kami berdua orang yang tunduk patuh kepada Engkau & (jadikanlah) di antara anak cucu kami umat yang tunduk patuh kepada Engkau & tunjukkanlah kepada kami cara-cara & tempat-tempat ibadah haji kami, & terimalah taubat kami. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang. (Al-Baqarah 2:128)

Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu memberitahukan, bahwa sesungguhnya Dia akan mengirim kepada mereka (orang-orang Yahudi) sampai hari kiamat orang-orang yang akan menimpakan kepada mereka adzab yang seburuk-buruknya. Sesungguhnya Tuhanmu amat cepat siksaNya, & sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Al-Araf 7:167)

Tidakkah mereka mengetahui, bahwasanya Allah menerima tobat dari hamba-hambaNya & menerima zakat, & bahwasannya Allah Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang? (At-Taubah 9:104)

Sesungguhnya Allah telah menerima tobat Nabi, orang-orang muhajirin & orang-orang Ansar, yang mengikuti Nabi dalam masa kesulitan, setelah hati segolongan dari mereka hampir berpaling, kemudian Allah menerima tobat mereka itu. Sesungguhnya Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang kepada mereka, (At-Taubah 9:117)

& terhadap 3 orang yang ditangguhkan (penerimaan tobat) mereka, hingga apabila bumi telah menjadi sempit bagi mereka, padahal bumi itu luas & jiwa mereka pun telah sempit (pula terasa) oleh mereka, serta mereka telah mengetahui bahwa tidak ada tempat lari dari (siksa) Allah, melainkan kepadaNya saja. Kemudian Allah menerima tobat mereka agar mereka tetap dalam tobatnya. Sesungguhnya Allahlah Yang Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang. (At-Taubah 9: 118)

Sesungguhnya telah datang kepadamu seorang rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan (keimanan & keselamatan) bagimu, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin. (At-Taubah 9:128)

0 komentar:

Posting Komentar

hanya komentar yang baik, menyejukkan, mencerdaskan, menginspirasi