Selasa, 24 Desember 2013

Prof. James Frankel: Menangis saat Membaca Ayat Al-Quran

[DQ SSugema; forum.kompas.com]
[vimeo.com]

Perjalanan keislaman pria Amerika James Frankel berawal saat dia membuka secarik kertas yang bertuliskan ayat-ayat Al-Quran, yang diberikan temannya. Muslim Pakistan 6 tahun sebelumnya. 

Dia membacanya terus. Hingga menemukan semua jawaban atas pertanyaan-pertanyaan dirinya, terutama tentang penguasaan bumi.

Video perjalanannya, dapat dilihat disini

Seperti yang dikutip dari OnIslam, Senin (29/7/2013). Beberapa kali saat dirinya membaca Al-Quran, ada getaran yang sangat kuat. 

"Ada 1 saat, saya bisa merasakan air mata. Kadang aku juga merasakan bulu lengan dan kudukku rasanya berdiri," ceritanya.


Kemudian dia bertemu teman-teman muslimnya. Di pertemuan yang santai itu mereka mengobrol tentang Tuhan & Al-Quran. Frankel mengatakan, dia mempercayai Al-Quran wahyu Allah SWT. Juga Muhammad saw adalah utusan-Nya.

Seorang temannya yang mendengarkan ucapan Frankel berkata, 

"Kau kini menjadi seorang muslim."
Frankel terkejut. Hingga saat itu, dirinya hanya merasa menjadi seseorang yang telah mempercayai adanya Tuhan.

Namun, sang teman meyakinkannya jika Frankel telah yakin jika tiada Tuhan selain Allah SWT & Nabi Muhammad saw utusan-Nya, maka dirinya adalah seorang muslim.

Sejak itu, dirinya semakin banyak mempelajari Islam dari Al-Quran & beberapa literatur. Hingga kemudian mengucapkan syahadat & belajar salat pada sekitar 1990-an.

Saat ini, James telah menjadi profesor di bidang perbandingan agama. Dia mengajarkan kelas Islam di Universitas Hawai.

---------------------------


Kami tidak membeda-bedakan. Allah berfirman, "Katakanlah (hai orang-orang mukmin): "Kami beriman kepada Allah & apa yang diturunkan kepada kami, & apa yang diturunkan kepada Ibrahim, Ismail, Ishak, Yakub & anak cucunya, & apa yang diberikan kepada Musa & Isa serta apa yang diberikan kepada nabi-nabi dari Tuhannya. Kami tidak membeda-bedakan seorang pun di antara mereka & kami hanya tunduk patuh kepada-Nya"." [2:136]
Cahaya Tuhan. Allah berfirman, "Maka apakah orang-orang yang dibukakan Allah hatinya untuk (menerima) agama Islam lalu ia mendapat cahaya dari Tuhannya (sama dengan orang yang membatu hatinya)? Maka kecelakaan yang besarlah bagi mereka yang telah membatu hatinya untuk mengingat Allah. Mereka itu dalam kesesatan yang nyata." [39:22]
Hanya yang Dia kehendaki. Allah berfirman, "Allah menganugrahkan al hikmah (kefahaman yang dalam tentang Al Qur'an & As Sunnah) kepada siapa yang Dia kehendaki. Dan barang siapa yang dianugrahi al hikmah itu, ia benar-benar telah dianugrahi karunia yang banyak. Dan hanya orang-orang yang berakallah yang dapat mengambil pelajaran (dari firman Allah)." [2:269]
Hanya Allah pemberi petunjuk. Allah berfirman, "Bukanlah kewajibanmu menjadikan mereka mendapat petunjuk, akan tetapi Allah-lah yang memberi petunjuk (memberi taufik) siapa yang dikehendaki-Nya. Dan apa saja harta yang baik yang kamu nafkahkan (di jalan Allah), maka pahalanya itu untuk kamu sendiri. 
Dan janganlah kamu membelanjakan sesuatu melainkan karena mencari keridaan Allah. Dan apa saja harta yang baik yang kamu nafkahkan, niscaya kamu akan diberi pahalanya dengan cukup sedang kamu sedikit pun tidak akan dianiaya (dirugikan)." [2:272]
Dadanya lapang. Allah berfirman, Barang siapa yang Allah menghendaki akan memberikan kepadanya petunjuk, niscaya Dia melapangkan dadanya untuk (memeluk agama) Islam. Dan barang siapa yang dikehendaki Allah kesesatannya, niscaya Allah menjadikan dadanya sesak lagi sempit, seolah-olah ia sedang mendaki ke langit. Begitulah Allah menimpakan siksa kepada orang-orang yang tidak beriman. [6:125]


0 komentar:

Posting Komentar

hanya komentar yang baik, menyejukkan, mencerdaskan, menginspirasi