Minggu, 12 Januari 2014

70 KUNCI SURGA #1/2


Rasulullah saw bersabda :
" فإن الله حرم على النار من قال لا إله إلا الله يبتغي بذلك وجه الله "
“Sesungguhnya Allah Subhanahu wata’ala mengharamkan neraka bagi orang-orang yang mengucapkanلا إله إلا الله dengan ikhlas & hanya mengharapkan (pahala melihat) wajah Allah. (HR. Bukhari, Muslim)
Firman Allah Subhanahu wata’ala :
]وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْأِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُون[ِ (الذريات:56)
“Tidak Aku ciptakan jin & manusia melainkan hanya untuk beribadah kepada-Ku.” (QS. Adz Dzariyat, 56).
]إن الله لا يغفر أن يشرك به ويغفر ما دون ذلك لمن يشاء[
“Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, & Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa saja yang dikehendakiNya”. (QS. An Nisa’, 48)

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dengan sebenar-benar takwa, & janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan memeluk Islam.” (Q.S. Ali Imran: 102)

1. KEUTAMAAN BERBUAT BAIK KEPADA ORANG TUA
Rasululloh bersabda: “Celakalah, celakalah, kemudian celakalah (raghima anfuh).” Beliau ditanya, “Siapa wahai Rasululloh?” Beliau menjawab, “Seseorang yang mendapati ayah ibunya, salah satu dari mereka hingga berusia lanjut, kemudian ia tidak masuk surga.” (HR. Muslim)

2. KEUTAMAAN DZIKIR
Rasululloh saw bersabda: “Dua kalimat yang ringan di lidah tetapi berat dalam timbangan & sangat disukai Alloh yaitu:
ﺴﺒﺤﺎﻥ ﺍﷲ ﻭﺒﺤﻤﺩﻩ ﺴﺒﺤﺎﻥ ﺍﷲ ﺍﻠﻌﻅﻴﻡ (Maha Suci Alloh & segala puji milikNya, Maha Suci Alloh Yang Maha Agung)’.” (HR. Muttafaq ‘alaih)

3. KEUTAMAAN BERKASIH SAYANG
Rasululloh bersabda: “Ada 3 golongan penghuni surga……., salah 1 di antaranya: ‘Seseorang yang penyayang, berhati lembut terhadap kerabatnya maupun terhadap sesama muslim’.” (HR. Muslim)

4. MENYEBARKAN SALAM
“Wahai sekalian manusia, sebarkan salam, berilah makanan, bersilaturahmilah, & salatlah di waktu malam ketika orang-orang sedang tidur, niscaya kamu masuk surga dengan selamat sejahtera”. (HR. Ibnu Majah, dishahihkan oleh Albani).

5. MERINGANKAN UTANG
“Barangsiapa memberi tempo kepada seseorang yang belum dapat membayar utang, maka pada setiap hari ia memiliki sedekah sampai utang itu jatuh tempo, jika telah jatuh tempo (& orang itu) belum juga bisa membayar kemudian ia memberi kelonggaran lagi, maka setiap hari ia bersedekah 2 kali lipat dari harta yang dipinjamkannya.” (HR. Al-Hakim – disepakati oleh Albani)

6. MENAHAN MARAH
“Barangsiapa yang menahan marah padahal sebenarnya ia mampu melampiaskannya, maka pada hari kiamat kelak Alloh akan memanggilnya di hadapan seluruh makhluk kemudian ia disuruh untuk memilih bidadari yang cantik sesui dengan keinginannya.” (Dianggap hasan oleh at-Tirmidzi & disepakati al-Albani)

7. KEUTAMAAN BERDAKWAH
Rasululloh bersabda: “Barangsiapa mengajak kepada petunjuk maka ia mendapat pahala seperti pahala-pahala orang yang mengerjakannya dengan tidak mengurangi pahala mereka sedikitpun.” (HR. Muslim)

8. AHLI IBADAH YANG MASUK NERAKA
Abu Hurairah r.a bertanya kepada Rasululloh : “Ya Rasululloh, sesungguhnya fulan biasa sholat malam, berpuasa, & bersedekah tetapi ia sering menyakiti tetangga dengan mulutnya?” Rasululloh bersabda, “Dia tidak memiliki kebaikan, dia termasuk penghuni neraka.” Para sahabat berkata, “Fulanah senantiasa shalat fardhu, bersedekah dengan keju kering & tidak pernah menyakiti siapapun?” Rasululloh menjawab, “Dia penghuni surga.” (HR Bukhari)

9. MEMPUNYAI KEPEKAAN SOSIAL
Rasululloh bersabda: “Seseorang melihat anjing sedang makan tanah karena kehausan, lalu ia menggunakan sepatu khufnya mengambil air untuk diberikan kepada anjing yang kehausan, sehingga hilang dahaganya kemudian Alloh memuji untuknya & memasukkannya ke dalam surga.” (HR Bukhari)

10. MENGUNJUNGI ORANG SAKIT
Nabi saw bersabda: “Tiada seorang muslim yang menjenguk sesama muslim pada waktu pagi, melainkan ia didoakan oleh 70.000 malaikat hingga sore hari. Dan jika menjenguk pada sore hari ia didoakan oleh 70.000 malaikat hingga pagi hari, & mendapat jaminan buh-buahan yang siap dipetik di dalam surga.” (Hasan oleh at-Tirmidzi & shahih oleh al-Albani)

11. ADZAN & MUADZIN
Rasululloh saw bersabda: “Barangsiapa mengumandangkan adzan selama 12 tahun, ia wajib masuk surga. Sekali adzan pada setiap hari ia memperoleh 60 kebaikan, & setiap iqomah memperoleh 30 kebaikan.” (HR. Ibnu Majah, dianggap shahih oleh Albani)

12. SHALAT JAMAAH SEJAK TAKBIRATUL IHRAM
Nabi saw pernah bersabda: “Barangsiapa shalat 40 hari secara berjamaah & mendapat takbiratul ihram niscaya ditulis baginya 2 pembebasan, pembesaan dari neraka & pembesaan dari kemunafikan.” (HR. at-Tirmidzi, dihasankan oleh Albani)

13. SHOLAT SUNAT FAJAR
Rasululloh bersabda: “2 rakaat sunnah sebelum subuh (rakaat pertama Al-Kafirun, rakaat kedua Al-Ikhas), lebih baik dari dunia & seisinya.” (HR, Muslim)

14. PENYESALAN AHLI SURGA
Rasululloh bersabda: “Tidak ada sesuatupun yang membuat penghuni surga menyesal kecuali menyia-nyiakan 1 detik kesempatan, tidak digunakan untuk berdzikir kepada Alloh”. (HR. ath-Thabrani, Syaikh Salim menganggap shahih)

15. DIHARAMKAN MASUK NERAKA
Nabi saw bersabda: “Maukah aku tunjukkan tentang seseorang yang diharamkan masuk neraka? Atau tentang siapa yang neraka diharamkan baginya? Neraka itu diharamkan atas orang yang murah hati, bersikap lemah lembut & suka mempermudah”. (HR. Ath-Thirmidzi)

16. MENGURUSI JENAZAH
Rasululloh saw bersabda: “Barangsiapa menshalatkan jenazah & tidak ikut mengiringkannya maka baginya pahala 1 qirath, & jika mengiringkannya maka baginya pahala 2 qirath”. Ketika itu ada yang bertanya, “Apa yang dimaksud 2 qirath?” Beliau saw menjawab, “Paling sedikitnya sebesar gunung Uhud.” (HR. Muslim)

17. AKHLAQ TERPUJI
Rasululloh ditanya tentang perbuatan apa yang lebih banyak memasukkan manusia ke dalam surga?” Beliau menjawab, “Bertaqwa kepada Alloh & berakhlaq terpuji.” Beliau juga ditanya tentang perbuatan yang lebih benyak memasukkan ke dalam neraka?” Beliau menjawab, “Mulut & farji (kemaluan).” (HR. ath-Tirmidzi – dihasankan Syaikh Albani)

18. POHON KURMA DI SURGA
Nabi saw bersabda: “Barangsiapa membaca doa,
ﺴﺒﺤﺎﻥ ﺍﷲ ﺍﻠﻌﻅﻴﻡ ﻭﺒﺤﻤﺩﻩ
(Maha Suci Alloh yang Maha Agung & segala puji milikNya),’ maka akan ditanamkan untuknya sepokok kurma di surga.” (HR. ath-Tirmidzi – dihasankan Syaikh Albani)

19. DZIKIR PENGHAPUS DOSA
Rasululloh bersabda: “Barangsiapa membaca,
ﺴﺒﺤﺎﻥ ﺍﷲ ﻭﺒﺤﻤﺩﻩ
100 kali pada setiap hari, niscaya dihapuskan kesalahan-kesalahannya meskipun sebanyak buih laut.” (MUTTAFAQ ‘ALAIH).

20. PERBENDAHARAAN SURGA
Dari Abu Musa , Rasululloh bersabda kepadaku, “Maukah kamu aku tunjukkan suatu perbendaharaa dari surga?” Aku menjawab, “Baik, ya Rasululloh.” Beliau bersabda :

ﻻﺤﻭﻝ ﻭﻻ ﻗﻭﺓ ﺍﻻ ﺒﺎﷲ
‘Tidak ada daya & kekuatan melainkan dengan pertolongan Alloh’.” (Muttafaq ‘alaih)

21. MEMBACA AL-QUR’AN
Rasululloh bersabda: “Barangsiapa membaca 1 huruf dari kitab Alloh (tanpa riya’ & sum’ah), niscaya ia mendapat kebaikan, & setiap kebaikan mempunyai 10 kelipatan pahala. Aku tidak mengatakan, “Alif Lam Mim itu 1 huruf, tetapi Alif 1 huruf, Lam 1 huruf, & Mim 1 huruf.” (HR. at-Tirmidzi – disahihkan Syaikh Albani)

22. SURAT AL-IKHLAS & JANJI SURGA
Dari Anas bahwasannya seorang sahabat berkata, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya saya suka membaca surat ini (Qul Huwallahu Ahad), Beliau bersabda, ‘Sesungguhnya kecintaanmu pada surat itu akan memasukkanmu ke dalam surga.” (HR, Bukhari & at-Tirmidzi)

23. MELESTARIKAN SUNNAH
Nabi saw bersabda: “Barangsiapa melestarikan sunnah (kebaikan) yang baik dalam ajaran Islam, maka baginya pahala & pahala orang yang melakukan kebaikan tersebut sepeninggalnya, tanpa ada yang dikurangi dari pahala mereka sedikitpun.” (HR. Muslim)

24. MELANCARKAN PERJALANAN
“Sungguh aku telah melihat seseorang yang bersenang-senang di dalam surga dengan sebab memotong (menyingkirkan) kayu di tengah jalan yang mengganggu manusia.” (HR. Muslim)

25. BAIK KEPADA TETANGGA
Rasululloh bersabda: “Tidak akan masuk surga orang yang tetangganya tidak aman dari perilaku jahatnya.” (HR. Muslim)

26. MENINGGALKAN DEBAT KUSIR
Rasululloh bersabda: “Aku berani menjamin sebuah rumah di surga bagian bawah bagi orang yang meninggalkan mira’ (debat kusir) sekalipun ia benar, & menjamin sebuah rumah di surga bagian tengah bagi orang yang meninggalkan dusta walaupun ia bergurau, serta aku menjamin sebuah rumah di surga bagian atas bagi orang yang selalu baik budi pekertinya.” (HR. Abu Daud diamggap hasan oleh al-Albani)

27. BERSAMA NABI DI SURGA
Rabiah bin Kaab berkata kepada Rasululloh : “Aku meminta agar bersamamu di dalam Surga”, beliau bersabda, “Ataukah permintaan yang lain?” Aku berkata, “Itu saja.” Beliau bersabda, “Kalau begitu bantulah aku atas dirimu dengan banyak bersujud (shalat).” (HR. Muslim)

28. KEUTAMAAN BANGUN PAGI
Rasululloh saw bersabda: “Barangsiapa shalat subuh dengan berjamaah kemudian duduk untuk berdzikir kepada Alloh sehingga matahari terbit, lalu ia shalat 2 rokaat (sholat dhuha) maka ia mendapat pahala seperti haji & umrah, sempurna, sempurna, sempurna, sempurna.” (HR. at-Tirmidzi, dihasankan oleh Syaikh Albani)

29. AMAL YANG TIADA PUTUS
Nabi saw juga bersabda: “Jika seseorang mati terputuslah amalnya kecuali 3: ‘Sedekah yang pahalnya terus mengalir, ilmu yang bermanfaat, & anak sholeh yang senantiasa mendoakannya’.” (HR. Muslim)

30. MUSIBAH YANG MENGHAPUS DOSA
Rasululloh bersabda: “Seorang muslim yang tertimpa kecelakaan, kemelaratan, kegundahan, kesedihan, sakit ataupun duka cita sampai-sapai tertusuk duri, niscaya Alloh akan menebus dosanya dengan apa yang menimpa itu.” (Muttafaq ‘alaih)

31 MENANGIS KARENA TAKUT ALLOH
Rasululloh bersabda: “Seseorang yang menangis karena takut kepada Alloh tidak akan masuk neraka, sehingga air susu itu kembali ke dalam tetek. Dan debu yang menempel karena berjuang di jalan Alloh tidak akan bisa berkumpul dengan asap neraka jahanam.” (HR. at-Tirmidzi, disahihkan Syaikh Albani)

32. MEMUJI ALLOH SAAT SUSAH & SENANG
Rasululloh bersabda: “Orang yang pertama kali diseru untuk masuk surga ialah mereka yang memuji Alloh , baik ketika senang maupun susah”. ( HR. Thabrani, Hakim, shahih sesui syarat Muslim)

33. KEUTAMAAN ANAK PEREMPUAN
Nabi saw juga bersabda: “Barangsiapa mengasuh (mendidik) 2 anak perempuan sampai dewasa maka nanti pada hari kiamat aku bersama orang itu seperti 2 jari ini, beliau merapatkan jari-jarinya.” (HR. Muslim)

34. ORANG YANG PALING DICINTAI ALLOH
Rasululloh saw bersabda: “Manusia yang paling dicintai Alloh adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Perbuatan yang paling disukai Alloh adalah perbuatan yang dapat menyenangkan hati sesama muslim, meringankan beban, melunasi hutang, memberi makan yang kelaparan. 


Aku dapat berjalan bersama saudaraku yang muslim untuk memenuhi kebutuhannya lebih aku sukai daripada I’tikaf di dalam masjidku ini selama 1 bulan….. sampai sabda beliau: ‘Barangsiapa berjalan bersama saudaranya yang muslim untuk untuk memenuhi kebutuhannya sehingga ia tenang, niscaya Alloh mengokohkan kedua telapak kakinya pada hari tergelincirnya kaki (hari kiamat).” (HR. ath- Thabrani, dihasankan oleh Syaikh Albani)

35. SOMBONG PENGHALANG KESURGA
“Tidak akan masuk surga orang yang dalam hatinya terdapat sifat sombong, meskipun seberat atom.” Seorang lelaki tampil bertanya, ‘Wahai Rasululloh, bagaimana jika seseorang memakai pakaian bagus & sepatu (sandal)nya bagus?” Rasululloh menjawab, “Sesungguhnya Alloh itu indah, cinta kepada keindahan. Sombong itu ialah menolak yang hak & meremehkan (menghina) orang lain.” (HR. Muslim & Tirmidzi)

36. KEUTAMAAN SEDEKAH
Rasululloh saw bersabda: “Takutlah (tolaklah) kamu sekalian dari siksa api neraka walaupun hanya (bersedekah) dengan separuh biji kurma.” (Muttafaq ‘alaih)

37. KEUTAMAAN MENDAMAIKAN
Rasululloh bersabda: “Maukah aku beritahukan tentang derajat yang lebih utama daripada puasa, shalat, & bersedekah?” Para sahabat menjawab, “Ya”. Beliau bersabda,”Mendamaikan orang yang bersengketa. Sesungguhnya orang yang senang merusak hubungan persaudaraan adalah yang disebut pemangkas.” (HR. at-tirmidzi, disahihkan Syaikh Albani)

38. SEDEKAH YANG MENCELAKAKAN
Rasululloh bersabda: “Pada hari kiamat Alloh tidak akan mengajak bicara 3 macam manusia, juga tidak memperdulikan & membersihkan mereka, sedang mereka azab yang sangat pedih. Pertama, orang yang memanjangkan kainnya (isbal), sehingga lewat mata kaki. Kedua, orang yang menyebut-nyebut (ngundat-ngundat) kebaikan yang pernah diberikannya. Ketiga, orang yang melariskan (menjual) dagangannya dengan bersumpah bohong.” (HR. Imam Ahmad & Imam Muslim)

39. MANUSIA YANG PALING DIBENCI ALLOH
Rasululloh bersabda: “ Sesungguhnya manusia yang paling dibenci oleh Alloh ialah yang paling gigih dalam permusuhan.” (HR. Bukhari Muslim)

40. KEUTAMAAN ADZAN
Nabi saw bersabda: “Sesungguhnya Alloh & para Malaikat membaca sholawat untuk shaf pertama, sedang muadzin diberi ampunan sebatas suaranya. Ia dibenarkan (dijawab) oleh yang mendengarkannya, baik benda kering maupun basah, & ia mendapat pahala orang yang sholat bersamanya (karena ia yang menyerunya).” (HR. Ahmad & Nasai dengan isnad hasan jayyid) [disalin dari sini]

======================
Baca : 70 KUNCI SURGA #2/2

0 komentar:

Posting Komentar

hanya komentar yang baik, menyejukkan, mencerdaskan, menginspirasi