Minggu, 12 Januari 2014

70 KUNCI SURGA #2/2

[kredit: Abdurrahman]
41. MEMBERSIHKAN MASJID
Nabi saw bersabda: “Bangunlah masjid & keluarkan kotoran darinya! Barangsiapa membangun masjid karena Alloh, maka Alloh akan membangun rumah untuknya di surga. Lalu seorang laki-laki bertanya, “Termasuk masjid-masjid yang dibangun di jalan-jalan ini, wahai Rasululloh?” Rasul menjawab, Ya, & mengeluarkan kotoran darinya merupakan maskawin untuk bidadari.” (HR. Thabrani dalam Mu’jam Al-Kabir)

42. BANYAK SUJUD
Dari Rabi’ah bin Ka’ab: “Aku pernah bermalam bersama Rasululloh. Ketika aku membawakan air wudhu & kebutuhan lainnya, beliau bertanya. ‘Tiadakah engkau bertanya kepadaku?” Maka aku menyahut, ‘Aku menyahut. ‘Aku meminta supaya aku menjadi temanmu di surga’ Beliau bertanya lagi, ‘Tidak meminta yang lain? ‘Tidak’, sambutku. Maka beliau bersabda: ‘Perbanyaklah sujud.” (HR. Muslim)

43. PUASA 6 (ENAM) HARI PADA BULAN SYAWAL
Rasululloh saw bersabda "Barangsiapa melakukan puasa Ramadhan, lalu ia mengiringinya dengan puasa 6 hari pada bulan Syawal maka hal itu seperti puasa sepanjang masa" (HR. Muslim, 1164).

44. PUASA `ARAFAT
Rasululloh saw bersabda: "Puasa pada hari `Arafat (9 Dzulhijjah) dapat melebur (dosa-dosa) tahun yang lalu & yang akan datang". (HR. Muslim, No. 1162).

45. PUASA `ASYURA
Nabi saw juga bersabda: "Dan dengan puasa hari `Asyura (10 Muharram) saya berharap kepada Allah dapat melebur dosa-dosa setahun sebelumnya" (HR. Muslim,No. 1162).

46. MEMBERI HIDANGAN BERBUKA BAGI ORANG YANG BERPUASA
Nabi saw bersabda: "Barangsiapa yang memberi hidangan berbuka bagi orang yang berpuasa maka baginya pahala seperti pahala orang berpuasa itu, dengan tidak mengurangi pahalanya sedikitpun" (HR. Tirmidzi, No. 807).

47. SHALAT DI MALAM LAILATUL QADR
Rasululloh saw bersabda: "Barangsiapa mendirikan shalat di (malam) Lailatul Qadr karena iman & mengharap pahala, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu"
(HR. Bukhari Juz. IV/No. 221 & HR. Muslim, No. 1165).

48. SEDEKAH
Nabi saw bersabda: "Sedekah itu menghapuskan kesalahan sebagaimana air memadamkan api". (HR. Tirmidzi, No. 2616).

49. HAJI DAN UMRAH
Nabi saw juga bersabda: "Dari umrah ke umrah berikutnya merupakan kaffarah (penebus dosa) yang terjadi di antara keduanya, & haji yang mabrur tidak ada balasan baginya kecuali surga" (HR. Muslim, No. 1349).

50. BERAMAL SHALIH PADA 10 HARI BULAN DZULHIJJAH
Rasululloh saw bersabda: "Tiada hari-hari, beramal shalih pada saat itu lebih dicintai Allah daripada hari-hari ini, yaitu 10 hari pada bulan Dzulhijjah. Para sahabat bertanya: "Dan tidak (pula) jihad di jalan Allah? Beliau bersabda: "Tidak (pula) jihad di jalan Allah, kecuali orang yang keluar dengan jiwa & hartanya kemudian ia tidak kembali lagi dengan membawa sesuatu apapun". (HR. Bukhari, Juz. II/No. 381).

51. JIHAD DI JALAN ALLAH TA’ALA
Rasululloh saw bersabda "Bersiap siaga 1 hari di jalan Allah adalah lebih baik daripada dunia & seisinya, & tempat pecut salah seorang kalian di surga adalah lebih baik daripada dunia & & seisinya” ( HR. Bukhari Muslim)

52. INFAQ DI JALAN ALLAH TA’ALA
Rasululloh saw bersabda "Barangsiapa membantu persiapan orang yang berperang maka ia (termasuk) ikut berperang, & barangsiapa membantu mengurusi keluarga orang yang berperang, maka iapun (juga) termasuk ikut berperang". ( HR. Bukhari, Juz.VI/No. 37 & HR. Muslim, No. 1895)

53. MENSHALATI MAYIT & MENGIRINGI JENAZAH
Rasululloh saw bersabda: "Barangsiapa ikut menyaksikan jenazah sampai dishalatkan maka ia memperoleh pahala 1 qirat, & barangsiapa yang menyaksikannya sampai dikubur maka baginya pahala 2 a qirat. Lalu dikatakan: "Apakah 2 qirat itu?", beliau menjawab: ((Seperti 2 gunung besar))" (HR. Bukhari, Juz. III/No. 158).

54. MENJAGA LIDAH & KEMALUAN
Nabi saw pernah bersabda: "Siapa yang menjamin bagiku "sesuatu" antara 2 dagunya & 2 selangkangannya, maka aku jamin baginya surga"
HR. Bukhari, Juz. II/No. 264 & HR. Muslim, No. 265.

55. MENYINGKIRKAN GANGGUAN DARI JALAN
Nabi saw bersabda: "Saya telah melihat seseorang bergelimang di dalam kenikmatan surga dikarenakan ia memotong/menyingkirkan pohon dari tengah-tengah jalan yang mengganggu orang-orang". ( HR. Muslim).

56. KEUTAMAAN BANGUN PAGI
Rasululloh SAW bersabda: “Barangsiapa sholat subuh denga berjamaah kemudian duduk untuk berdzikir kepada Alloh sehingga matahari terbit, lalu sholat 2 rolaat (sholat dhuha) maka ia mendapat pahala seperti haji & umroh, sempurna, sempurna, sempurna, sempurna.” (HR.ath-Tirmidzi, hasan)

57. MENDIDIK & MENGAYOMI ANAK PEREMPUAN
Rasululloh saw bersabda "Barangsiapa memiliki 3 anak perempuan, di mana ia melindungi, menyayangi, & menanggung beban kehidupannya maka ia pasti akan mendapatkan surga". (HR. Ahmad dengan sanad yang baik) 


58. BERBUAT BAIK KEPADA HEWAN
Rasululloh saw bersabda "Ada seseorang melihat seekor anjing yang menjilat-jilat debu karena kehausan maka orang itu mengambil sepatunya & memenuhinya dengan air kemudian meminumkannya pada anjing tersebut, maka Allah berterimakasih kepadanya & memasukkannya ke dalam syurga”. (HR. Bukhari, Muslim) 

59. MENINGGALKAN PERDEBATAN
Rasululloh saw bersabda "Aku adalah pemimpin rumah di tengah surga bagi siapa saja yang meninggalkan perdebatan padahal ia dapat memenangkannya". (HR. Abu Daud)

60. MENGUNJUNGI SAUDARA-SAUDARA SEIMAN
Nabi saw bersabda: “Maukah aku beritahukan kepada kalian tentang para penghuni surga? Mereka berkata: "Tentu wahai Rasulullah", maka beliau bersabda: "Nabi itu di surga, orang yang jujur di surga, & orang yang mengunjungi saudaranya yang sangat jauh & dia tidak mengunjunginya kecuali karena Allah maka ia di surga")) ((Hadist hasan, riwayat at-Thabrani) 

61. KETAATAN SEORANG ISTRI TERHADAP SUAMINYA
Nabi saw pernah bersabda: "Apabila seorang perempuan menjaga shalatnya yang 5 waktu, berpuasa di bulan Ramadhan, & menjaga kemaluannya serta menaati suaminya maka ia akan masuk surga melalui pintu mana saja yang ia kehendaki". ( HR. Ibnu Hibban, hadits shahih).

62. TIDAK MEMINTA-MINTA KEPADA ORANG LAIN
"Barangsiapa yang menjamin dirinya kepadaku untuk tidak meminta-minta apapun kepada manusia maka aku akan jamin ia masuk surga". (Hadits shahih, riwayat Ahlus Sunan).

63. MENUNTUT ILMU
Rasululloh saw bersabda : “Barangsiapa menempuh suatu perjalanan untuk menuntut ilmu agama, Alloh akan memudahkan baginya jalan ke surga”. (HR. Bukhari)

64. PENYESALAN AHLI SURGA
Rasululloh saw bersabda: “Tidak ada sesuatupun yang membuat penghuni surga menyesal kecuali karena menyia-nyiakan satu detik kesempatan, tidak digunakan untuk berdzikir kepada Alloh”. (HR. ath-Thobroni-Shahih)

65. MAKSIYAT PENGHAPUS PAHALA
Rasululloh saw bersabda: “Sejelek-jelek wanita di antara kalian adalah AL-MUTABARRIJAT & AL-MUTAKHOYYILAT. Mereka adalah wanita-wanita munafik, mereka tidak akan masuk Surga kecuali seperti burung gagak a’shom.” (Hadist Shohih, lihat Shohihul Jami’ no. 3330). [AL-MUTBRRIJAT (Wanita-wanita yang suka menampakkan perhiasannya kepada lelaki yang bukan mahromnya].
AL-MUTAKHOYYILAT (Wanita-wanita yang ujub & sombong).

66. PEDAGANG YANG JUJUR
Dari Abu Sa’id r.a ia berkata Rasululloh saw bersabda: “Pedagang yang jujur & amanah akan berada di Surga bersama para Nabi, orang-orang yang jujur, & para syuhada.” (HR. Tirmidzi & beliau menghasankan )

67. SOMBONG PENGHALANG KE SURGA
Nabi saw bersabda: Tidak akan masuk Surga siapa yang ada kesombongan seberat biji sawi dalam hatinya. Ada yang bertanya: ‘Bagaimana dengan seseorang yang senang kalau pakaian & sandalnya bagus?’ Beliau menjawab: ‘Sesungguhnya Alloh itu Maha Indah & Dia Mencintai keindahan. Adapun kesombongan adalah menolak kebenaran & merehkan orang lain.” (Hadist Shohih, lihat Shohihul Jami’ no. 7674)

68. PELAWAK YANG BOHONG
Rasululloh saw bersabda: “Celakalah bagi orang yang berbicara bohong dengan banyak orang agar mereka tertawa. Celakalah ia & celakalah ia.” (HR. Ahmad, dianggab hasan oleh Syu’aib)

69. KAIN DI NERAKA
Rasululloh saw bersabda: “Kain yang memanjang di bawah mata kaki tempatnya di neraka.” (HR. Bukhari)

70. SUKA MENGADU DOMBA
Nabi saw bersabda: “Tidak akan masuk Surga orang yang gemar mengadu domba.” (Hadist Shohih, lihat Shohihul Jami’ no. 7673)

71. SEMBARANGAN NGOMONG
Nabi saw pernah bersabda: “Sungguh adakalanya seorang hamba berbicara sepatah kata yang tidak diperhatikan, tiba-tiba ia tergelincir ke dalam neraka oleh kalimat itu lebih jauh dari jarak timur & barat.” (Muttafaq ‘alaih)

72. SEMBARANGAN BERSUMPAH
Rasululloh saw bersabda: “Barangsiapa bersumpah dengan nama selain Alloh maka dia telah kafir atau musryik.” (HR. Tirmidzi )
Nabi saw juga bersabda: “Tidak akan masuk Surga siapa saja yang tetanggnya tidak merasa aman dengan kejahatannya.” (Hadist Shohih, lihat Shohihul Jami’ no. 7675)

73. PEMUTUS SILATURAHMI
Nabi saw bersabda: “Tidak akan masuk Surga seorang pemutus (yaitu pemutus tali silaturahmi)”. (Hadist Shohih, lihat Shohihul Jami’ no. 7671)

74. MAKSIYAT PENGHALANG SURGA
Rasululloh saw bersabda: “Tidak akan masuk Surga orang yang suka mengungkit-ungkit pemberian. Orang yang durhaka kepada orang tuanya & peminum khamr.” (Hadist Shohih, lihat Shohihul Jami’ no. 7676)

75. MENCABUT BULU ALIS
Nabi saw bersabda: “Alloh Ta’ala melaknat riba, pemakannya, yang memberi makan, yang menulisnya, & yang menulisnya, padahal mereka mengetahui (bahwa riba itu diharamkan). Juga melaknat wanita yang menyambung rambutnya, wanita yang membuat tato & yang minta dibuatkan tato, wanita yang mencabut bulu alis & yang minta dicabut alisnya.” (Hadist Shohih, lihat Shohihul Jami’ no. 5094)

76. ORANG YANG BANGKRUT
Nabi saw bersabda; “Apakah kalian tahu siapakah orang yang bangkrut itu? Sesungguhnya orang yang bangkrut dari umatku adalah orang yang datang pada hari kiamat dengan membawa amalan sholat, puasa, & zakat. Akan tetapi, ia juga datang dengan membawa dosa karena suka mencaci, memaki & mengfitnah orang. 


Memakan harta orang, menumpahkan darah & suka memukul orang lain. Lalau kebaikannya akan diberikan kepada orang yang didzalimi itu. Dan apabila kebaikannya telah habis sebelum dirinya diberi keputusan, maka kesalahan orang-orang tersebut akan dicampakkan kepadanya, kemudian ia dilemparkan ke neraka. “ (Hadist Shohih riwayat Muslim)


77. MENCONTOHKAN KEJELEKAN
Nabi saw bersabda: “Barangsiapa yang mencontohkan di dalam Islam suatu contoh yang jelek, maka ia menanggung dosanya & dosa orang-orang yang mengamalkannya, tanpa dikurangi sedikitpun dari dosa mereka.” (Hadist Shohih, lihat Shohihul Jami’ no. 6305)


78. KEUTAMAAN SHOLAT JUM’AT
Rasululloh saw bersabda: “Barangsiapa mandi atau mandi jinabah pada hari Jum’at, kemudian pergi bergegas ke masjid atau menyuruh orang lain untuk bergegas, lalu berjalan kaki tidak naik kendaraan, duduk mendekat dari imam untuk mendengarkan khutbah & tidak berbicara, maka pada setiap langkahnya ia memperoleh pahala satu tahun, pahala puasa & sholat malamnya.” (HR. Ibnu Majah, dishahihkan Syaikh Albani)

70 KUNCI SURGA #1/2

0 komentar:

Posting Komentar

hanya komentar yang baik, menyejukkan, mencerdaskan, menginspirasi