Kamis, 03 Maret 2016

Setiap Kamu, Adalah Pemimpin

  

Nabi bersabda,
“Semua kamu adalah pemimpin & bertanggung jawab atas kepemimpinannya.

Seorang imam (amir) pemimpin & bertanggung jawab atas rakyatnya.

Seorang suami pemimpin dalam keluarganya & bertanggung jawab atas kepemimpinannya.

Seorang isteri pemimpin & bertanggung jawab atas penggunaan harta suaminya.

Seorang pelayan (karyawan) bertanggung jawab atas harta majikannya.

Seorang anak bertanggung jawab atas penggunaan harta ayahnya.” [HR. Bukhari & Muslim]


Indonesia sangat ini, dalam keadaan darurat pemimpin. Dalam bernegara, banyak sekali kepada daerah malah menghuni Sukamiskin Bandung, penjara khusus para koruptor.

Ya, para pemimpin di negeri dengan mayoritas muslim, pemimpin pemerintahannya malah korupsi, di tengah kemiskinan yang angkanya tidak turun-turun.

Setiap saat kita berdoa, semoga Allah memberikan pemimpin yang takut kepadaNya, mengurusi rakyatnya, seperti sahabat nabi Umar bin Khattab.

Berikut ini, ada tulisan pak Dahlan. Tentang Gubernur NTB, yang moga-moga saja memenuhi yang sedang kita tunggu. Pemimpin seperti sahabat nabi, semacam Umarlah.

Selamat Membaca!

***
Kutipan Berita:
Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan memuji Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Dr KH Zainul Majdi, atau lebih akrab disebut Tuan Guru Bajang.

“Inilah gubernur yang berani mengkritik pers. Secara terbuka. Di puncak acara Hari Pers Nasional (HPN) pula. Di depan hampir semua tokoh pers se-Indonesia. Pun, di depan Presiden Jokowi segala. Di Lombok. Tanggal 9 Februari lalu,” ungkap Dahlan yang ditulis di situs pribadinya beberapa waktu lalu.

Ini Peta Mataram, NTB


Menurut Dahlan kelebihan Zainul adalah kalau mengkritik tidak membuat sasarannya terluka. Bahkan, Zainul berani mengkritik Presiden Jokowi soal impor jagung.

”Bapak Presiden, saya mendengar pemerintah melalui Bulog akan membeli jagung impor 300.000 ton dengan harga Rp 3.000 per kg. 

Lalu, ini inti pemikirannya: Kalau saja pemerintah mau membeli jagung hasil petani NTB dengan harga Rp 3.000 per kg, alangkah sejahtera petani NTB.

Selama ini, harga jagung petani di pusat produksi jagung Dompu, Sumbawa, NTB, hanya Rp 2.000 sampai Rp 2.500 per kg.," kata Dahlan menirukan ucapan Zainul.

Dahlan juga memuji kepribadian & pemahaman Zainul terhadap agama.

“Inilah satu-satunya kepala pemerintahan di Indonesia yang hafal Alquran. Dengan artinya, dengan maknanya, dan dengan tafsirnya,” puji Dahlan.

Zainul memang doktor tafsir al-Quran lulusan universitas tertua di dunia al-Azhar, Mesir.

“Saya mengenal banyak gubernur yang amat santun. Semua gubernur di Papua termasuk yang sangat santun. Yang dulu maupun sekarang.

Tapi, gubernur yang baru mengkritik pers itu luar biasa santun. Itulah gubernur Nusa Tenggara Barat: Tuan Guru Dr KH Zainul Majdi. Lebih akrab disebut Tuan Guru Bajang,” kata Dahlan.

Ini Peta Al-Azhar, Mesir


Dahlan tak lupa pula memuji tampilan fisik cucu pendiri Nahdlatul Wathan (organisasi Islam terbesar di NTB).

“Kelebihan lain: masih muda, 43 tahun. Ganteng. Berkulit jernih. Wajah berseri. Murah senyum. Masa depannya masih panjang,” katanya.

Bahkan, Dahlan tak luput menilai kepedulian Zainul terhadap rakyat jelata.

“Pemahamannya pada rakyat bawah nyaris sempurna,” sanjung bos Jawa Pos group itu. [rimanews]

***
"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang Yahudi & Nasrani menjadi pemimpin-pemimpin (mu); sebahagian mereka adalah pemimpin bagi sebahagian yang lain. 

Barang siapa di antara kamu mengambil mereka menjadi pemimpin, maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang dzalim." [5:51]
***
Apabila Allah menghendaki kebaikan bagi suatu kaum maka dijadikan pemimpin-pemimpin mereka orang-orang yang bijaksana & dijadikan ulama-ulama mereka menangani hukum & peradilan.

Juga Allah jadikan harta-benda di tangan orang-orang yang dermawan. Namun, jika Allah menghendaki keburukan bagi suatu kaum maka Dia menjadikan pemimpin-pemimpin mereka orang-orang yang berakhlak rendah.

DijadikanNya orang-orang dungu yang menangani hukum & peradilan, & harta berada di tangan orang-orang kikir. (HR. Ad-Dailami)
**
Barangsiapa diserahi kekuasaan urusan manusia lalu menghindar (mengelak) melayani kaum lemah & orang yang membutuhkannya maka Allah tidak akan mengindahkannya pada hari kiamat. (HR. Ahmad)
**
Khianat paling besar adalah bila seorang penguasa memperdagangkan rakyatnya. (HR. Ath-Thabrani)
**
Aku mendengar Rasulullah Saw memprihatinkan umatnya dalam enam perkara:
(1) diangkatnya anak-anak sebagai pemimpin (penguasa);
(2) terlampau banyak petugas keamanan;
(3) main suap dalam urusan hukum;
(4) pemutusan silaturahmi & meremehkan pembunuhan;
(5) generasi baru yang menjadikan Al Qur'an sebagai nyanyian;

(6) Mereka mendahulukan atau mengutamakan seorang yang bukan paling mengerti fiqih & bukan pula yang paling besar berjasa tapi hanya orang yang berseni sastra lah. (HR. Ahmad)
===
Baca juga:
Presiden #1
Presiden #2:Sikap Penguasa Terhadap Rakyat @1/2
Presiden #2:Sikap Penguasa Terhadap Rakyat @2/2
Presiden #3: Kepemimpinan, Keadilan & Politik

0 komentar:

Posting Komentar

hanya komentar yang baik, menyejukkan, mencerdaskan, menginspirasi