Jumat, 13 Februari 2015

Abu Ubaidah bin Jarrah ra.



Siapakah kiranya orang yang dipegang oleh Rasulullah SAW dengan tangan kanannya sambil bersabda, 

"Sesungguhnya setiap ummat mempunyai orang kepercayaan, & sesungguhnya kepercayaan ummat ini adalah Abu Ubaidah bin Jarrah ra."

Siapakah orang yang dikirim Nabi ke medan tempur Dzatus Salasil, sebagai bantuan untuk Amar bin 'Ash, & diangkatnya sebagai panglima pasukan, yang di dalamnya terdapat Abu Bakar ra. & Umar bin Khattab ra.

Siapakah sahabat yang mula pertama disebut sebagai amirul umara atau panglima besar ini. Dan siapakah orang yang tinggi perawakannya, tetapi kurus tubuhnya, tipis jenggotnya, berwibawa wajahnya, & ompong karena patah 2 gigi mukanya.

Siapakah kiranya orang kuat lagi terpercaya, sehingga Umar Bin Khattab ra ketika hendak menghembuskan nafasnya yang terakhir pernah berkata mengenai pribadinya, 

"Seandainya Abu 'Ubadah ibnul Jarrah masih hidup, tentulah ia di antara orang-orang yang akan saya angkat sebagai penggantiku. Dan jika Tuhanku menanyakan hal itu tentulah, "Saya angkat kepercayaan Allah & kepercayaan Rasul-Nya." (Lihat video Umar bin Khattab)

Dia lah yang membunuh ayahnya, yang berada di pasukan musyrikin dalam perang Badar, sehingga ayat Al-Qur'an turun mengenai hal ini, 

"Engkau tidak menemukan kaum yang beriman kepada Allah & hari kiamat yang mengasihi orang-orang yang menentang Allah swt. & Rasulullah, walaupun orang tersebut ayah kandung, anak, saudara atau keluarganya sendiri. 

Allah telah mematri keimanan di dalam hati mereka & Dia bekali pula dengan semangat. Allah akan memasukkan mereka ke dalam surga yang di dalamnya mengalir sungai-sungai, mereka akan kekal di dalamnya. 

Akan menyenangi mereka, di pihak lain mereka pun senang dengan Allah. Mereka itulah prajurit Allah, ketahuilah bahwa prajurit Allah pasti akan sukses". (Al-Mujaadilah, 58:22)

Rasulullah saw. menjulukinya dengan seorang yang "Gagah & Jujur". Ia adalah Abu Ubaidah, Amir bin Abdillah ibnul Jarrah ra. lahir di Mekah. Di sebuah rumah keluarga suku Quraisy terhormat. 

Nama lengkapnya, Amir bin Abdullah bin Jarah. Dijuluki Abu Ubaidah.

Abu Ubaidah, berperawakan tinggi, kurus, berwibawa, bermuka ceria, rendah diri & sangat pemalu. Beliau termasuk orang yang berani, ketika dalam kesulitan. 

Disenangi semua yang melihatnya, siapa yang mengikutinya akan merasa tenang. [google]
==========
Baca juga:
  1.  Abu Ubaidah bin Jarrah ra. Masuk Islam
  2. Abu Ubaidah bin Jarrah, Orang Kuat yang Terpercaya


0 komentar:

Posting Komentar

hanya komentar yang baik, menyejukkan, mencerdaskan, menginspirasi